... jangan puas dulu... "
Mataram, NTB (ANTARA News) - Legislator Komisi II DPRD NTB, H Misbach Mulyadi, mengatakan, Gili Trawangan kini menjadi objek wisata kelas dunia, menyusul predikat pulau wisata terbaik keempat di Asia yang diberikan situs perjalanan wisata dunia TripAdvisor.

"Predikat itu membuktikan Gili (pulau kecil) Trawangan sudah diakui wisatawan mancanegara," katanya di Mataram, Kamis, menanggapi Gili Trawangan yang memperoleh penghargaan Travelers Choice.

Gili Trawangan berada di posisi keempat setelah Koh Tao (Thailand), Nusa Lembongan (Bali), dan Ko Lanta (Thailand). Sebetulnya, Gili Trawangan cuma satu dari tiga pulau kecil penyusun kompleks Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yang letaknya saling berdekatan.

Namun menurut Misbach predikat terbaik itu hendaknya tidak membuat pemerintah daerah cepat berpuas diri karena masih banyak infrastruktur di objek wisata itu yang harus dibenahi.

"Pemerintah jangan puas dulu dengan penghargaan Travelers Choice yang menempatkan Gili Trawangan sebagai objek wisata terbaik keempat di Asia. Tetapi hendaknya dijadikan pemacu semangat dalam mengelola objek wisata tersebut," katanya.

Ia menilai pengelolaan Gili Trawangan di Kabupaten Lombok Utara sebagai destinasi wisata berkelas dunia hingga kini belum maksimal. Ini terbukti fasilitas pendukung di tempat wisata itu belum memadai.

Menurut mantan Ketua Asita NTB ini, infrastruktur yang telah dibangun di objek wisata itu baru sekitar 20 persen. Jalan lingkar yang dibangun Pemkab Lombok Utara menggunakan paving block kualitasnya kurang baik.

Gili Trawangan dikunjungi sedikitnya 1.200 wisatawan setiap hari. Selain mudah dijangkau dari Lombok, Gili Trawangan juga bisa dijangkau dari Bali. Tercatat ada 17 kali pelayaran kapal cepat dari Bali ke Gili Trawangan setiap hari.

(M025/E005)

Pewarta: Masnun
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013