Tapin, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Pereli asal Kalimantan Selatan Rihans Variza bersama co-driver Anthony Sarwono dari HRVRT BGM HBM BMB FORD menjuarai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) South Borneo Rally Sprint II 2023 yang berlangsung di Sirkuit Balipat, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

"Alhamdulillah kami memberikan hasil yang maksimal," ujar Rihans usai naik podium di Sirkuit Balipat, Minggu.

Pereli andalan Kalsel itu menepati janjinya dengan membuktikan bisa menjaga "kandang" dengan menggenggam gelar juara pada rangkaian kejurnas reli tersebut.

Pembalap andalan tuan rumah itu mendominasi dengan menjadi yang tercepat pada delapan "Special Stage" (SS) dari 13 SS dengan rekor waktu 1:20:24.7 mengungguli 35 pereli nasional lainnya.

Baca juga: Pereli Kalsel tampil cemerlang pada hari kedua "South Borneo Rally"

Posisi kedua diduduki pembalap muda asal Kalimantan Selatan yaitu Putra Rizky bersama co-driver Muhammad Redwan dari LFN Sederhana MotorSport, dengan total waktu 1:21:53.6.

Sedangkan urutan tiga ada saudara Putra, Rahmat bersama co-driver Hade Mboi dari tim yang sama membawa bendera DKI Jakarta, dengan catatan waktu 1:22:02.1.

"Kepada semua tim dan masyarakat, saya ucapkan terima kasih atas semua dukungannya," ungkap Rihans.

Seri kedua dari empat seri Kejurnas Rally 2023 itu menempuh total jarak mencapai 276 Kilometer yang terbagi dalam 13 SS.

Jalur di Kalimantan Selatan tersebut melintasi wilayah perkotaan, desa, hingga jalur angkutan kelapa sawit dan batu bara di Kabupaten Tapin-Kabupaten Banjar.

Acara yang digelar pada 4-6 Agustus itu, dibuka dengan acara Super Special Stage (SSS) di kawasan Rantau Baru, tepatnya di depan Kantor Bupati Tapin.

Pada hari kedua atau Sabtu, para pereli menjalani tujuh SS dengan total jarak tempuh 201,51 km. Dilanjutkan pada hari ketiga atau Minggu dengan lima SS total jarak tempuh 74,13 km hingga seremonial finis dan pembagian hadiah bagi para juara di Sirkuit Balipat Binuang.

Baca juga: Sean Gelael sukses hibur penonton di Kejurnas Sprint Rally 2023 Malang

Pewarta: Taufik Ridwan dan M Fauzi Fadilah
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023