Hal ini sangat kecewa, seharusnya kartu merah dan gol ketiga lawan tidak terjadi. Jika pemainnya lebih fokus ke bola,"
Solo (ANTARA News) - Tim Persibo Bojonegoro ditahan imbang Sunray Cave JC Sun Hei Hongkong dengan skor 3-3 pada pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F Piala AFC 2013, di Stadion Manahan Solo, Rabu petang.

Pertandingan tim tuan rumah Persibo yang menjamu Sun Hei Hongkong dengan disaksikan sekitar 100 penonton tersebut, kelihatan kurang menarik karena kedua kesebelasan menampilkan permainan lamban.

Persibo yang diasuh oleh pelatih Gusnul Yakin, pada babak pertama lebih unggul dalam menguasai permainan, sedangkan Sun Hei tampil lamban, baik saat melakukan serangan maupun bertahan.

Bahkan, Persibo mampu unggul lebih dahulu dengan serangan melalui sektor kanan, menerobos ke arah gawang lawan pada menit 10.

Gol Persibo tersebut, melalui tendangan keras dari kaki Panggah Madyantara dengan bola masuk ke gawang lawan, setelah sebelumnya tersentuh kaki pemain belakang Sun Hei, James Stephen. Kedudukan menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Persibo kembali menambah gol pada menit 32 melalui tendangan keras kaki Julio Cesar Alacarse, setelah memanfaakan umpan Bijahil Chalwa. Kedudukan berubah menjadi 2-0.

Tim Sun Hei mendapat satu peluang untuk memperkecil ketinggalan gol pada menit 39 melalui tendangan keras kaki Mamadou Hadi Barry.

Namun, tendangan pemain itu membentur gawang Persibo sehingga bola mental. Gawang Persibo yang dikawal oleh Happy Kurniawan selamat dari serangan itu.

Kedudukan tetap bertahan 2-0 untuk Persibo hingga wasit yang memimpin pertandingan, Nagor Amir Noor Mohamed berasal dari Malaysia, meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persibo yang unggul dua gol atas Sun Hei tampil lebih lamban karena stamina Juan Marcelo dan kawan-kawan kelihatan sudah terkurang.

Sebaliknya, Sun Hei justru meningkatkan tempo permainan dengan melakuakn tekanan secara ketat ke pemain lawan. Sun Hei akhirnya mampu memperkecil kekalahan pada menit 57 melalui tendangan keras Leung Chun sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Gol Sun Hei berawal dari serangan balik yang dibangun dari sektor tengah dengan Mamadou Barry yang maju menusuk ke pertahanan Persibo. Barry kemudian melakukan umpan tarik dan disambut oleh Leung Chun dengan tembakan keras hingga merobek gawang Persibo.

Namun, Persibo kembali menambah gol pada menit 67 melalui tendangan keras Julio Cesar, setelah memanfaatkan umpan Wahyudi, sehingga kedudukan menjadi 3-1.

Sun Hei kembali memperkecil kekalahan dua menit kemudian, setelah tendangan kaki Choi Kwok Wai menggetarkan gawang Happy Kurniawan, sehingga kedudukan menjadi 3-2 untuk Persibo.

Pada menit 87, Persibo harus bermain dengan 10 orang, setelah wasit memberikan kartu kuning kedua untuk, Tamsil. Pemain gelandang Persibo itu harus keluar lapangan karena wasit memberikan kartu merah.

Sun Hei yang unggul dalam jumlah pemain langsung menekan Persibo. Tekanan demi tekanan tim tamu itu terlihat terus membahayakan gawang tuan rumah.

Saat "injuri time", Persibo kebobolan lagi melalui tendangan bebas dari jarak dua meter di luar kotak penalti yang dilakukan oleh kapten Sun Hei Roberto Orlando, sehingga tim tamu menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Kedudukan sama kuat tersebut bertahan hingga wasit meniup peluit tanda babak kedua berakhir dengan kedudukan 3-3.

Wasit Nagor Amir Noor Mohamed dalam pertandingan tersebut mengeluarkan empat kartu kuning, masing-masing untuk Li hang Wui, Cheung Chi Yung, Kot Cho Wai (Sun Hei), dan Juan Cesar (Persibo), sedangkan satu kartu merah untuk Tamsil (Persibo).

Manajer Sunray Cave JC Sun Hei Hongkong Francis Ngai mengatakan kondisi cuaca panas di Solo memengaruhi permainan timnya, terutama pada babak pertama sehingga mereka bermain tidak maksimal.

Namun, tempo permainan Sun Hei pada babak kedua sudah mulai terlihat meningkat melalui penampilan pemainnya.

Kendati demikian, pelatih tim Sun Hei, Chiu Chung Man, menyatakan belum puas dengan permainan timnya, meski mampu menahan imbang tuan rumah Persibo.

"Kami akan memperbaiki dengan permainan lebih baik pada pertandingan selanjutnya di Hongkong pada laga kandang," katanya.

Pelatih Persibo Bojonegoro Gusnul Yakin menyayangkan penampilan timnya yang ditahan imbang Sun Hei.

Anak asuhnya, katanya, sudah unggul 2-0 pada babak pertama, sedangkan waktu tinggal sekitar lima menit, satu pemainnya terkena kartu merah, saat unggul 3-2.

"Hal ini sangat kecewa, seharusnya kartu merah dan gol ketiga lawan tidak terjadi. Jika pemainnya lebih fokus ke bola," katanya.

Menurut dia, permainan anak-anak sudah bagus terutama babak pertama. Mereka bisa menguasai permainan, namun kurang fokus terhadap bola sehingga kemenangan itu seakan hilang begitu saja.

"Kami tinggal 14 pemain, karena dua pemainnya pada pertandingan sebelumnya, Edy dan kini Tamsil, terkena kartu merah. Keduanya tidak bisa tampil saat bermain tandang ke Hongkong pada tanggal 7 April mendatang," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013