sudah berlangsung lama, tetapi belum diperbaiki karena membutuhkan anggaran yang cukup besar
Karawang (ANTARA News) - Sebanyak delapan muara dari total 12 muara tempat keluar masuk perahu nelayan yang berada di wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang Jawa Barat, mengalami pendangkalan dan perlu diperbaiki.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karwang Yayat Supriatna Rabu mengatakan pendangkalan muara tersebut sudah berlangsung lama, tetapi belum diperbaiki karena membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Dari 12 muara yang ada, hanya empat muara yang kondisinya normal atau masih bisa dilintasi perahu nelayan," katanya, kepada Antara, di Karawang.

Dikatakannya, empat muara yang kini kondisinya masih normal ialah muara pesisir Cilamaya, Betokmati, Pasir Putih, dan muara di pesisir Tangkolak. Sedangkan untuk muara laut lainnya kondisinya rusak atau mengalami pendangkalan.

Menurut dia, kondisi muara di wilayah pesisir utara Karawang perlu segera diperbaiki. Sebab jika dibiarkan rusak atau mengalami pendangkalan akan mengganggu jalur transportasi para nelayan.

Sementara itu, akibat pendangkalan muara di beberapa wilayah Karawang, kapal-kapal nelayan yang menggunakan groston (GT) besar tidak bisa memasuki muara, dan hanya nelayan yang menggunakan kapal dengan groston kecil yang bisa memasuki muara.

"Kapal nelayan besar dengan ukuran 10 GT sudah tidak bisa memasuki muara. Hanya Kapal nelayan dibawah 5 GT yang bisa memasuki muara. Itu terjadi akibat pendangkalan muara," kata Yayat.

Para nelayan yang menggunakan kapal diatas 10 GT dan akan memasuki muara, harus mengalihkan hasil tangkapan ikannya terlebih dahulu ke kapal dibawah 5 GT.

Kondisi tersebut mengakibatkan penambahan biaya produksi para nelayan yang menggunakan kapal diatas 10 GT.

Ia mengaku sudah menyampaikan surat terkait banyaknya kondisi muara yang mengalami pendangkalan di wilayah pesisir utara Karawang ke pemerintah pusat.

Dalam surat tersebut, pihaknya meminta pemerintah pusat memberi bantuan kapal keruk untuk memperbaiki kondisi muara yang rusak itu.

Sebab, solusi tepat mengatasi pendangkalan muara itu ialah pemerintah daerah memiliki kapal keruk untuk melakukan pengerukan muara secara rutin.

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013