Jakarta (ANTARA) - Pembalap Repsol Honda (HRC) Marc Marquez mengisyaratkan akan tetap tinggal bersama timnya pada MotoGP 2024, menyusul keinginannya untuk lebih siap dan memperbaiki performanya pada musim ini.

"Selama liburan musim panas, saya punya banyak waktu untuk memikirkannya (kelanjutan kontrak bersama Honda). Dan ya, kesimpulan saya adalah bahwa pendekatan kami di bagian pertama musim ini tidak tepat karena kami mendekatinya dengan cara yang kami coba lakukan untuk memenangkan balapan dan memenangkan gelar, tapi kami belum siap," ungkap Marquez, dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Jumat.

"Jadi ya, kami perlu bekerja sama untuk siap di masa mendatang dan ya, paruh kedua musim ini kami harus mendekatinya dengan cara yang berbeda," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, juara dunia MotoGP enam kali itu mengatakan dirinya dan tim kini mencoba untuk realistis dan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan peningkatan, baik untuk motor dan pembalap.

"Dan ya, kami mencoba untuk lebih realistis tentang kinerja kami sekarang dan bekerja sama untuk meningkatkan 'proyek'. 'Proyek' berarti pengendara motor dan tim. Jika kita meningkatkan semua bersama-sama, maka kita akan menjadi lebih baik di masa depan," kata Marquez.

Baca juga: Bagnaia ingin pertahankan dominasi di MotoGP Inggris

Di sisi lain, Marquez pun telah dinyatakan sehat dan laik untuk balapan di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini dalam putaran MotoGP Inggris meskipun sebelumnya ia memutuskan untuk berhenti melanjutkan balapan di GP Belanda karena merasa sakit dari cedera yang baru-baru ini ia derita.

Pada jeda musim panas, ia pun fokus pada pemulihan cedera patah tulang di pergelangan kakinya tersebut.

"Memang, pergelangan kaki kanan masih belum pulih seperti yang saya inginkan. Tapi kita punya waktu. Saya tidak terburu-buru. Saya di sini di Silverstone jadi akan mencoba untuk kembali berada dalam ritme dan melihat apakah kami dapat memulai dengan cara yang baik dan pendekatan yang berbeda di paruh kedua musim ini," jelas dia.

Terkait peningkatan pada motor, kakak dari pembalap Gresini Racing Alex Marquez tersebut mengatakan Honda telah melakukan peningkatan dan uji coba dengan pembalap penguji mereka Stefan Bradl di Sirkuit Misano dan Sirkuit Jerez baru-baru ini.

"Kami memiliki peningkatan kecil di elektronik untuk melihat apakah peningkatan ini menjadikan performa lebih baik atau tidak. Tapi selain itu itu adalah paket aero baru yang saat ini tidak akan dihomologasi karena saya telah memutuskan seperti ini karena alasan teknis," kata Marquez.

Baca juga: Morbidelli hengkang dari Yamaha, Rins jadi rekrutan baru 2024
Baca juga: Joan Mir siap kembali hadapi MotoGP Inggris usai pulih dari cedera

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023