Wajar kalau kalah telak, karena kami tak bisa tampil dengan kekuatan penuh...."
Denpasar (ANTARA News) - Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga tidak mampu menandingi keperkasaan tim kuat Satria Muda Britama Jakarta sehingga harus menyerah 64-95, pada pertandingan hari ketiga seri V musim reguler Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2012-2013 di GOR Purna Krida Kerobokan, Kabupaten Badung, Senin.

Pada laga itu Satya Wacana hanya diperkuat 10 pemain sehingga lebih memudahkan para punggawa Satria Muda unggul sejak awal pertandingan yang ditandai dua poin pertama dikoleksi oleh Faisal J Achmad, "guard" tim dengan rata-rata field goals mencapai 43 persen.

Bintang Satria Muda yang lainnya menambah koleksi angka sehingga tim unggulan juara tersebut tak memberikan kesempatan bagi Satya Wacana untuk menyamakan kedudukan.

Kondisi tersebut terus berlanjut hingga saat Vamiga Michel menutup kuarter kedua dengan dua tembakan bebas. Satria Muda unggul 21 poin, 47-26.

Rapatnya pertahanan Satria Muda membuat para pemain lawan kesulitan mendapatkan posisi nyaman untuk menembak. Hanya Yo Sua, guard Satya Wacana, yang berhasil dengan menambah 10 poin di kuarter ketiga.

Itupun diraih setelah bersusah-payah mendapatkan posisi nyaman menembak. Di dua kuarter sebelumnya, Yo Sua hanya memasukkan satu dari tujuh tembakannya.

Unggul dengan selisih 25 poin, pemain Satria Muda tetap tenang. Ketenangan itu membuat mereka mampu meningkatkan ketajaman sehingga akurasi tembakannya mencapai 58 persen di kuarter terakhir.

Dua pemain jangkung Satria Muda Rony dan Galank Gunawan mencatatkan "double-double" dalam laga tersebut. Galank mencetak yang ke-24 di pentas NBL Indonesia usai membukukan 12 poin dan 19 rebound, sedangkan Rony Gunawan mengoleksi 11 angka dan 14 rebound.

Tak hanya Galank dan Rony, empat pemain Satria Muda lainnya mencetak angka dengan digit ganda. Faisal terbanyak dengan 17 poin, disusul Arki Dikania Wisnu (14), Vamiga (11), dan Bonanza Siregar dengan 10 poin.

Kubu Satya Wacana, hanya Yo Sua dan Eko Nasution yang mencetak digit ganda. Yo Sua memimpin dengan sumbangan 16 poin, sedangkan Eko mencetak 10 angka.

"Wajar kalau kalah telak, karena kami tak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Dua pemain kami harus absen karena cedera. Tri Hartanto mengalami cedera engkel, sedangkan Luthfianes Gunawan mengalami cedera di kepala saat lawan NSH GMC," kata Zaki Iskandar selaku asisten manajer Satya Wacana. (*)

Pewarta: I Gusti Ketut Agung Wijaya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013