Jakarta (ANTARA News) -  57 persen pengguna internet di Indonesia melayani layanan belanja online dan jumlahnya terus bertambah sejak tahun lalu.

"Jumlah ini lebih tinggi 15 persen dari tahun lalu," kata Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar Irni dalam satu acara BNI di Jakarta, Senin.

Irni mengatakan dari total 94 persen pengguna internet di Indonesia mengaku puas berbelanja secara online di mana 77 persen diantaranya kembali berbelanja. "Belum lagi, 89 persen masyarakat memiliki akses internet mobile," sambung dia. 

Sementara Direktur Konsumer dan Ritel BNI Darmadi Sutanto meyakini pasar konsumer dan ritel akan semakin banyak mengandalkan pembayaran elektronik dan internet. 

BNI sendiri secara jangka panjang akan berusaha keras memberikan kemudahan transaksi secara elektronik dan online, kata Darmadi.

Dia mengatakan pasar anak muda saat ini mulai banyak menyasar dunia maya dan dia optimistis pihaknya bisa memperkua posisi BNI di segmen anak muda dengan produk terbaru e-commerce-nya.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan pada 2012 pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total penduduk, pada 2011 mencapai 55 juta juta, 42 juta jiwa pada 2010 dan 30 juta jiwa pada 2009.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013