Selama inikan kereta malam hanya sampai 22.35 Wib, banyak teman-teman yang bekerja di Jakarta sulit mendapatkan akses transportasi karena harus naik angkutan selain kereta,"
Bogor (ANTARA News) - Pengoperasian kereta api listrik Jabodetabek hingga tengah malam, terhitung mulai 1 Aprli ini, disambut baik para pengguna kereta. 

"Ya... Sangat bagus sekali, kita mendukung adanya kereta tengah malam ini, sangat membantu teman-teman dari kalangan buruh," kata Andi Ardiansyah dari Semboyan35, di Bogor, Senin.

Menurut Andi, pengoperasian KRL Jabodetabek tengah malam dapat mengakomodir penumpang yang pulang kerja di malam hari.

Kalau selama ini jam operasional KRL dari Jakarta menuju Bogor hanya sampai pukul 22.35 Wib, kini sudah bergeser menjadi 00.25 Wib.

"Selama inikan kereta malam hanya sampai 22.35 Wib, banyak teman-teman yang bekerja di Jakarta sulit mendapatkan akses transportasi karena harus naik angkutan selain kereta," kata Andi.

Dengan beroperasinya kereta malam, para pekerja tersebut bisa lebih bersantai.

Hal serupa juga disampaikan Endang (20) pengguna kereta dari Bogor. Ia bekerja sebagai pembuat kue di restoran Jepang Jakarta.

Setiap malam ia harus pulang jam 21.00 Wib dari toko, untuk bisa balik ke Bogor ia harus naik bus dari Jakarta, karena sudah tidak ada kereta.

"Padahal kalau naik kereta lebih ekonomis dan ngak ribet ketimbang naik bus, belum macet dan antri," katanya.

Endang mengaku bersyukur adanya kereta tengah malam sehingga aktivitasnya dari Jakarta-Bogor lebih lancar.

Humas PT KAI (Persero) Commuter Jabodetabek, Eva Chairunisa dalam siaran persnya menyebutkan ada penambahan perjalanan KRL Jabodetabek terdiri 514 perjalanan akan ditambah menjadi 575 perjalanan sehari.

Adanya penambahan perjalanan KRL ini, jadwal perjalanan kereta juga bertambah. Untuk lintas Jakarta Kota-Bogor tadinya hanya beroperasi sampai pukul 22.35 Wib akan ditambah hingga tengah malam yakni 00.25 Wib.

"PT KAI menambah dua jadwal keberangkatan kereta dari Stasiun Jakarta Kota menuju Bogor, pada malam hari," katanya.

Kereta terakhir dari Jakarta Kota yang tadinya berangkat pukul 22.35 Wib bergeser menjadi 22.39 Wib. Setelah itu masih ada dua kereta lainnya menuju Bogor yang berangkat pukul 23.35 Wib dan 00.25 Wib.

Penambahan juga berlaku untuk kereta dari Stasiun Tanah Abang menuju Bogor. Sebelumnya kereta terakhir berangkat dari Tanah Abang menuju Bogor pukul 21.56 Wib, kini bergeser menjadi 22.45 Wib.

Wati (53) warga Jalan Menteng ini tidak khawatir lagi dengan anaknya yang harus pulang malam karena sudah ada kereta malam.

"Jadi tenang, kalau ada kereta malam artinya tidak perlu naik bus lagi dari Jakarta. Cukup sekali naek kereta, anak saya tidak kesusahan lagi pulang malam," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013