Saya sekarang sepenuhnya pulih dari cedera yang saya derita di Mugello.
Jakarta (ANTARA) - Pembalap Repsol Honda Joan Mir siap kembali ke balik kemudi motornya bersama Marc Marquez setelah dinyatakan pulih dari cedera untuk menghadapi MotoGP Inggris akhir pekan ini.

Mir sebelumnya menderita cedera yang cukup parah di tangan kanannya karena kecelakaan di Grand Prix Italia, yang mengakibatkan dirinya melewatkan setidaknya dua putaran MotoGP musim ini di Jerman dan Belanda.

"Istirahat kami sedikit lebih lama dari yang lain, tapi saya sekarang sepenuhnya pulih dari cedera yang saya derita di Mugello. Saya telah kembali berlatih dan mengendarai berbagai jenis sepeda seperti biasanya selama beberapa minggu, jadi saya merasa baik secara fisik," ungkap Mir, dikutip dari keterangan resmi Repsol Honda, Rabu.

Baca juga: Joan Mir bakal lewatkan MotoGP Jerman karena cedera

Lebih lanjut, pembalap Spanyol itu mengaku sangat termotivasi untuk melakoni balapan di Sirkuit Silverstone yang ikonis pada akhir pekan ini. Pencapaian terbaik Mir di Silverstone adalah posisi kesembilan di kelas utama, yang dicapai pada 2021.

"Tujuan untuk akhir pekan ini adalah memanfaatkan setiap sesi sebaik-baiknya dan kembali ke pola pikir MotoGP dan balapan setelah sekian minggu berlalu. Akan sangat menyenangkan melihat semua orang lagi dan kembali ke Honda RC213V," imbuhnya.

Di sisi lain, dengan panjang 5,9 kilometer, Silverstone tidak hanya menjadi salah satu sirkuit tertua di kalender MotoGP, tapi juga yang terpanjang. Pertama kali digunakan pada tahun 1947, trek Inggris telah mengalami sejumlah perubahan sebelum sampai pada tata letak 18 tikungan saat ini.

Baca juga: Pol Espargaro siap untuk kembali balapan di MotoGP Inggris

Bagi Marc Marquez, ia telah melakukan persiapan matang untuk menaklukkan Silverstone. Di sirkuit ini, Marquez telah meraih tiga podium, termasuk kemenangan di tahun 2014.

"Dari sisi fisik dan mental, saya kembali ke lintasan dengan segar dan siap. Saya menantikan untuk melihat semua orang di Tim Repsol Honda lagi dan memahami pekerjaan yang telah dilakukan selama istirahat," kata Marquez.

"Silverstone adalah sirkuit tempat saya menjalani banyak pertarungan bagus di masa lalu. Yang paling penting adalah kembali ke motor, kembali bekerja dan mencoba meningkatkan performa paruh pertama tahun ini," imbuhnya.

Baca juga: Lecuona kembali gantikan Rins untuk MotoGP Inggris

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023