Jabatan ketua umum yang akan saya jalankan saat ini benar-benar bersifat sementara"
Sanur, Bali (ANTARA News) - Setelah memutuskan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai ketua umum baru, Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sanur, Bali, akan ditutup Sabtu malam ini, lebih cepat sehari dari rencan semula sampai esok Minggu.

Hal itu telah diputuskan dalam sidang KLB pada Sabtu petang yang dipimpin Max Sopacua, EE Mangindaan, Toto Riyanto, Syarif Hasan, Edhie Baskoro, Amir Syamsuddin dan Jhony Allen.

Sidang KLB memutuskan kongres ditutup pukul 19.30 WITA dan akan dihadiri Yudhoyono sekaligus menyampaikan sambutan pukul 20.00 WITA.

Ketujuh orang itu sebelumnya telah menghadap Yudhoyono untuk meminta kesediaannya menjadi ketua umum yang baru dan Yudhoyono menyatakan siap menjadi ketua umum baru Partai Demokrat.

Menurut Mangindaan, Yudhoyono bersedia menjadi ketua umum dengan syarat, jabatan ketua umum yang dipegangnya betul-betul sementara. "Jabatan ketua umum yang akan saya jalankan saat ini benar-benar bersifat sementara," katanya.

Menurut Mengindaan, kesementaraan ini dalam rangka proses penyelamatan dan konsolidasi partai. "Dengan ketentuan, paling lama hanya dua tahun, beliau ingin juga kalau boleh lebih cepat, yaitu setelah pemilu dan pilpres, kita lakukan tentunya seperti biasa, yaitu kongres," katanya.

Agar bisa berkonsentrasi menjalankan tugas kenegaraan, maka tugas ketua umum akan dilaksanakan oleh pengurus harian di bawah pimpinan ketua harian, demikian Mangindaan.

Pewarta: GNC Aryani dan Juwita Tresna Rahayu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013