Saya sangat puas dengan sembilan hole pertama, tetapi angin dari belakang membuat keadaannya lebih sulit,"
Jakarta (ANTARA News) - Enam pegolf berbagi posisi teratas pada putaran pertama Enjoy Jakarta Indonesia PGA Championship setelah mencatat 65 pukulan atau 7 di bawah par di Emeralda Golf Club, Depok, Kamis.

Keenam pegolf itu, tiga dari Jepang Shingo Katayama, Katsumasa Miyamoto, Kazuhiro Yamashita, dua dari Korsel Song Young-han dan Lee Kyong-hoon dan satu pegolf asal Kanada Richard T. Lee.

"Saya sangat puas dengan sembilan hole pertama, tetapi angin dari belakang membuat keadaannya lebih sulit," kata pegolf berusia 40 tahun Katayama, yang telah memenangi Japan Order of Merit sebanyak lima kali dan membuat ia memiliki lebih dari 1.5 miliar yen (16 juta dolar As).

"Sebelum saya mulai, saya melihat pemain dengan skor tertinggi berada di 7 dibawah par, sehingga saya juga ingin mencapai nilai tersebut, saya puas dengan usaha saya," tambahnya.

Dalam permainan putaran pertama itu, Katayama mencetak enam birdie pada permainan sembilan lubang pertama, namun dia sempat terseok satu bogey di permainan lubang 13.

Sementara itu, Miyamoto sempat membuat kejutan pada permainan sembilan lubang kedua, dimana dia mencetak eagle pada lubang ke-17.

Miyamoto, juara delapan kali di Japan Tour, mengatakan ia meninggalkan strategi kebiasaannya yang konservatif untuk bisa menghadapi lapangan yang di desain oleh Arnold Palmer ini.

"Saya merasa harus agresif di lapangan ini," ungkapnya, setelah menggunakan iron 3 dengan baik dia menempatkan bola sejauh 210 m (235 yard) - hanya 6 meter ke lubang 17 untuk sebuah putt dan mendapat eagle lalu menggunakan iron 5 untuk pukulan 180 meter (200 yard) ke dua meter pertama.

"Untuk soal pukulan, saya bermain lebih baik di Thailand," kata Miyamoto.

"Pukulan saya agak sedikit ke kiri, jadi saya perlu memperbaikinya," katanya.

Sementara itu beberapa nama besar di golf, Jeev Milkha Singh dari India hanya mencatat 70 pukulan atau dua di bawah par, dan Simon Dyson dari Inggris, pemenang di lapangan ini tahun 2006 mencatat 69 pukulan atau tiga di bawah par.

Sedangkan pegolf tuan rumah Indonesia Rory Hie bermain dengan catatan 72 pukulan atau even par.

(A020/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013