Saya sampaikan terima kasih banyak kepada para pemain, yang meski level permainan mereka agak menurun, tapi tetap berhasil memenangi pertandingan,"
Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan memenangi partai derby Kalimantan 1-0 atau Barito Putera Banjarmasin, Kamis, (29/3).

Syakir Sulaiman menjadi pahlawan kemenangan Beruang Madu kali ini. Gol itu dibuat di menit ke-43 dan menjadi gol kedua yang dikoleksinya dalam partai kandang Persiba.

Dua kartu merah untuk Mekan Nasyrov dan Henry Njobi Elad, dua pemain asing Barito Putera mewarnai pertandingan lanjutan Indonesian Super League (ISL) di Stadio Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar itu.

Pada menit ke-30, Mekan Nasyrov, gelandang pengatur permainan Laskar Antasari (julukan Barito Putera), dikeluarkan Wasit Jerry Elly karena memprotes berlebihan keputusannya.

Beberapa saat sebelumnya Nasyrov sudah mendapat kartu kuning karena menjegal keras Rendy Siregar.

Njobi Elad diganjar kartu merah langsung oleh wasit karena sengaja menginjak kaki stiker Persiba Johan Yoga Utama di menit ke-88. 

Alhasil sejak menit ke-30, Barito harus bermain dengan 10 pemain.

Namun demikian, baru 13 menit kemudian Persiba sukses memanfaatkan kelebihan jumlah pemainnya. Satu serangan apik yang dimulai dari Luka Savic di lini tengah sukses menjebol gawang Barito Putera.

Savic mengumpan bola kepada Bachtiar yang segera meneruskannya kepada Syakir Sulaiman. Gelandang serang Beruang Madu itu melepaskan diri dari jepitan bek-bek Barito dan melepaskan tembakan yang lolos dari tangkapan kiper Dian Agus Prasetyo, 1-0 di menit ke-43.

"Dikeluarkannya Nasyrov, yang adalah playmaker, memang membuat rencana permainan kami berantakan," kata Muhammad Arifin, asisten manajer Barito Putera setelah pertandingan.

Dalam penggantian pemain, tak ada juga pemain yang menggantikan pemain asing asal Kazakhstan itu. Pelatih Salahudin justru berusaha menambah daya gedor tim dengan memasukkan Nehemia Solossa dan Yongki Aribowo dan menarik keluar bek Riski Mirzamah dan striker Sugeng Wahyudi.

Meski begitu, kedisiplinan empat bek sejajar Persiba tak berhasil ditembus Laskar Antasari. Maulana, Yudi Khoerudin, Yus Arfandi, dan Rendy Siregar mengawal tenang dan sigap gawang Persiba yang dijaga Wawan Hendrawan.

Setiap serangan Barito, yang kebanyakan datang dari sektor sayap seperti sudah terbaca. Sebelum winger lawan mengirim umpan ke kotak enambelas, Maulana sudah menutup pergerakannya atau mendesaknya hingga ke sudut.

"Saya sampaikan terima kasih banyak kepada para pemain, yang meski level permainan mereka agak menurun, tapi tetap berhasil memenangi pertandingan," kata pelatih Herry Kiswanto.

Ia juga menyebutkan absennya Patrice Nzekou memang masalah buat tim, tapi memberi peluang bagi gelandang-gelandang lain seperti Bachtiar dan Alfian Habibi untuk menunjukkan kemampuannya.

"Jadi kini kita memiliki pelapis yang kualitasnya tak terlalu jauh sekarang. Itu jauh lebih baik dan tanda tim ini terus berkembang," senyum Herry Kiswanto. (ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013