Bangkok (ANTARA News) - Ford Fiesta baru akan menggunakan EcoBoost® 1.0 liter yang terkecil di kelasnya.

Siaran pers Ford Indonesia menyebutkan Ford EcoBoost tiga silinder  menghasilkan tenaga 120 PS dan torsi puncak 170 Nm dengan suara senyap dan lembut.

Tenaga dan performanya menandingi mesin bensin 1.6 liter tradisional dengan penghematan BBM yang lebih tinggi dan emisi yang lebih rendah.

EcoBoost 1.0 liter bahkan bisa muat di atas selembar kertas A4 atau dimasukkan ke dalam bagasi kabin pesawat.

Teknologi Ford EcoBoost, yang memiliki lebih dari 125 paten, menggabungkan direct fuel injection, turbocharging dan variable valve timing. Kesemuanya membuat mesin lebih ramping dan lebih hemat 20 persen BBM.

"Kebanyakan pelanggan bahkan tidak akan menyadari berkurangnya satu silinder ketika mereka menyalakan dan mengendarai mobil ini.

Hal yang akan mereka sadari adalah betapa senyap mesinnya, betapa cepat mobil ini berakselerasi, dan betapa sedikit bahan bakar yang dibutuhkan," kata Graham Pearson, Vehicle Line Director for B Cars, Ford Asia Pasifik.

Lebih dari 200 teknisi yang berbasis di pusat-pusat teknis Ford di Dunton, Inggris, dan Merkenich, Jerman bekerja sama dalam mengubah mesin tiga silinder yang tidak disukai menjadi Ford EcoBoost 1.0 liter yang halus dan lembut.

Para teknisi menghasilkan alternatif yang cerdas dengan membuat katrol dan flywheel tidak seimbang dengan bobot yang ditempatkan tepat untuk melawan daya getar alami mesin dan mendorong energi ke arah yang kurang sensitif.

Pemasangan mesin pun dirancang untuk memisahkan serta menyerap daya getar mesin.

Turbocharger superkecil dan sangat responsif menghasilkan tenaga dengan cepat ketika gas dibuka dari rpm rendah.

Kemampuan turbocharger untuk mencapai hampir 250.000 rpm tanpa adanya turbo lag dan torsi puncak mesin 170 Nm pada 1.400-4.500 rpm lebih dari cukup bagi pengendara untuk melaju dan menyalip dengan mudah

Manifold knalpot ditempelkan ke dalam kepala silinder sehingga gas buang dapat didinginkan menggunakan air untuk memungkinkan rasio bahan bakar dan udara yang optimal di rentang revolusi mesin yang lebih luas

Blok cor besi yang unik memanaskan mesin dengan lebih cepat daripada blok aluminium konvensional, mengurangi jumlah energi "pemanasan" yang dibutuhkan sebesar 50 persen dan meningkatkan penghematan bahan bakar

Sistem “split-cooling” memiliki termostat terpisah untuk kepala silinder dan blok untuk memungkinkan pemanasan cepat

Dua drive belt mesin utama direndam dalam pelumas untuk menghasilkan mesin yang lebih tenang dan lebih efisien sedangkan variable oil pump memastikan tekanan minyak yang optimal di seluruh rentang percepatan.


Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013