Perubahan iklim tersebut, membuat magnitude terhadap bencana semakin besar
Jakarta (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi bahwa bencana alam yang terjadi di Indonesia akan meningkat pada 2013, baik dalam hal jumlah maupun jenis bencana.

"Pada tahun 2013 ini, para ahli memprediksi bencana alam akan semakin meningkat, baik jenis maupun jumlahnya," kata Kepala BNPB Syamsul Maarif dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung Nusantara II di Jakarta, Selasa.

Prediksi tersebut, menurut dia, didasarkan atas hasil penelitian para ahli yang menunjukkan perubahan iklim yang terjadi hampir di seluruh wilayah tanah air.

Perubahan iklim tersebut, kata dia, membuat magnitude terhadap bencana semakin besar.

"Siklus bencana 25 tahunan dengan adanya perubahan iklim ini sudah tidak relevan lagi. Mentawai yang dua tahun lalu terkena musibah tsunami, tahun ini diprediksikan akan kembali terkena bencana serupa. Hal itu semua karena perubahan iklim yang tidak menentu," jelas Syamsul.

Menanggapi pernyataan BNPB tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Jazuli Juwaini yang memimpin rapat kerja tersebut berharap prediksi BNPB itu salah dan tidak terbukti sehingga wilayah Indonesia bisa tetap aman dari bencana alam.

Namun, Komisi VIII tetap meminta BNPB untuk memberikan informasi yang jelas secara berkala tentang prediksi bencana alam tersebut sehingga pemerintah dan masyarakat dapat mengambil langkah-langkah antisipasi.

"BNPB harus menginformasikan kepada masyarakat tentang prediksi tersebut atau paling tidak BNPB memiliki langkah stategi penanggulangan bencana sebelum bencana itu terjadi. Jadi, ketika prediksi itu memang terjadi masyarakat mengetahui langkah apa yang harus segera dilakukan," kata Jazuli.

Selanjutnya, Kepala BNPB itu mengatakan bahwa BNPB selain telah menurunkan petugas khusus untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya bencana, juga telah melakukan koordinasi dengan koramil di beberapa daerah yang rawan bencana.

"Selain itu, penyebaran berita melalui media massa sangat efektif dalam menyampaikan informasi tentang prediksi bencana. Kami juga akan mensosialisasikan langkah-langkah yang harus dilakukan masyarakat jika bencana itu terjadi," kata Syamsul.
(Y012)

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013