Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Jepang akan mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) generatif dari Microsoft untuk kebutuhan pekerjaan administrasi dan analisis termasuk menyusun rancangan tanggapan untuk pertanyaan dari parlemen.

Agar dapat menangani informasi rahasia, Microsoft telah memasang perangkat dengan kekuatan pemrosesan tinggi yang akan digunakan untuk AI generatif pada pusat data berlokasi di Tokyo dan Osaka. Teknologi AI tersebut menjadi yang pertama kali diterapkan di Asia.

Menurut laporan Nikkei, Kamis waktu setempat, anggota Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang akan bertemu dengan perwakilan Microsoft pada Kamis, untuk menyelesaikan kesepakatan transfer teknologi tersebut. Sejauh ini raksasa teknologi dari Amerika itu baru memberikan teknologi AI, yang dikembangkan bersama OpenAI, kepada negara di Eropa.

Baca juga: Google umumkan ekspansi Bard, kini bisa Berbahasa Indonesia

Badan Digital Jepang awalnya berencana untuk menggelontorkan dana sebesar lebih dari 2 juta dolar AS (Rp 30 milyar) untuk mendapatkan akses teknologi AI selama satu tahun yang juga tersedia untuk lembaga kementerian lain.

Teknologi AI itu oleh Pemerintah Jepang akan dimanfaatkan untuk menyiapkan notula, memberikan tanggapan terhadap pertanyaan parlemen, mendukung analisis statistik pemerintah, hingga mempermudah pekerjaan karyawan pemerintah.

Menurut pihak pemerintah Jepang, teknologi AI yang akan diadopsi itu harus mempelajari banyak informasi administratif sebelum dapat digunakan. Menurutnya, proses pemindahan data ke pusat data di luar negeri dapat menimbulkan masalah keamanan.

Kehadiran pusat data domestik dapat memudahkan perusahaan Jepang yang menangani informasi rahasia, seperti lembaga keuangan, untuk mengadopsi layanan AI. Microsoft akan mengajak perusahaan untuk menggunakan layanan AI dari basisnya di Jepang.

Pada April lalu LDP mengatakan bahwa penggunaan AI generatif "dapat membawa manfaat sosial yang tak terukur dari perspektif peningkatan kualitas dan efisiensi layanan administrasi."

Berbagai instansi pemerintahan di Jepang seperti Kementerian Ekonomi, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Industri sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi teknologi AI.

Baca juga: Aplikasi ChatGPT akan dirilis di Android minggu depan

Baca juga: Gedung Putih: Tujuh perusahaan teknologi janji tandai konten buatan AI

Baca juga: Apple kembangkan teknologi AI mirip ChatGPT

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023