Jakarta (ANTARA News) - Partai yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) sebaiknya mendukung usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mencalonkan Agus Martowardjojo sebagai Gubernur Bank Indonesia.

"Kita meminta komitmen Parpol koalisi untuk mendukung Agus Marto yang merupakan usulan Presiden SBY sebagai calon gubernur BI," kata anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Vera Febyanthy di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Selain itu, dari uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Komisi XI DPR RI terhadap Agus, Vera menilai, Agus bisa menjelaskan dan menjawab pertanyaan demi pertanyaan secara tepat lugas.

"Agus Marto bisa mematahkan pendapat bahwa dirinya tak mengerti soal makro, moneter. Bekal pengalaman 25 tahun selaku praktisi perbankan dan langsung berinteraksi dengan pasar, Agus layak menduduki jabatan Gubernur BI. Jadi tak ada alasan lagi bagi Komisi XI DPR RI untuk tidak memilih Agus Marto," kata Vera.

Juga, ungkap Vera, Bagi Komisi XI DPR RI sendiri, sosok Agus Marto bukan barang baru lagi.

"Komisi XI DPR RI sudah mengenal Agus Marto. Ada ikatan secara kebathinan," kata Vera.

Siang ini, pukul 13.00 WIB, Komisi XI DPR RI akan menentukan nasib Agus Marto,  memilih atau menolak Menteri Keuangan itu sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013