Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Harry Azhar Azis mengatakan penetapan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) akan diputuskan melalui rapat internal paling lambat pada Selasa (26/3).

"Saya akan mencoba lobi pimpinan dan kalau dimungkinkan malam ini, (hasilnya) malam ini, kalau tidak ya besok," ujarnya saat ditemui pada sela uji kepatutan dan kelayakan Gubernur BI di Jakarta, Senin.

Harry mengatakan Komisi XI DPR RI juga akan mengadakan konsolidasi antar internal fraksi mengenai alasan terpilihnya Agus Martowardojo, seorang pejabat menteri aktif, sebagai calon tunggal Gubernur BI oleh Presiden.

"Pertanyaan penting, apakah pak Agus dicalonkan karena Presiden sudah tidak ingin beliau di kabinet, jadi adanya pembuangan seperti disingkirkan. Kalau jawaban itu iya, bisa jadi pandangan fraksi berubah," katanya.

Harry belum dapat memastikan seluruh fraksi di Komisi XI DPR RI akan menyetujui mantan Direktur Bank Mandiri ini sebagai Gubernur BI, karena semua bergantung pada lobi dalam rapat internal.

"Golkar, PDI-P, Demokrat ini tiga yang besar. Kalau tiga ini setuju, bisa lolos. Yang sudah jelas setuju, Demokrat karena PDI-P dan Golkar masih belum tahu," ujarnya.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013