Jakarta (ANTARA) - Pebalap Indonesia Sean Gelael sukses menghibur penonton yang hadir langsung pada Kejurnas Sprint Rally 2023 di Sirkuit Puslatker TNI AL, Malang, Jawa Timur, Minggu.

Hadir sebagai pebalap ekshibisi, Sean Gelael tampil dua kali menggunakan dua mobil berbeda. Pertama, menggunakan Citroen C3 yang menjadi tungganganya selama ini sedangkan mobil kedua adalah Skoda Fabia Evo milik H. Putra Rizky.

Sehari sebelumnya atau Sabtu (22/7), Sean turun sebagai "peserta terakhir". Pebalap Jagonya Ayam Motorsport ini mengambil alih Citroen dari ayahnya, Ricardo Gelael.

Sean mencatat waktu 4 menit 23,5 detik di SS4, yang sekali lagi lebih cepat dari sang pemenang, H. Rahmat (Hyundai i20) yang memiliki torehan waktu 4 menit 24,9 detik.

Setelah kakak dan adik, Rifat dan Rizal Sungkar yang juga melakukan ekshibisi, Sean kembali tampil sebagai pemuncak tontonan di Sirkuit Puslatker TNI AL di daerah Lawang tersebut. Baru pertama kali menjajal Skoda, Sean membukukan catatan 4 menit 26,3 detik yang bahkan lebih cepat dari waktu yang dibuat si empunya mobil, 4 menit 27,3 detik.

"Saya belum terbiasa saja dengan Skoda karena selama ini menggunakan Citroen. Mobilnya oke, setelan lebih stiff (kaku) tapi enak juga diajak membelok kok," ujar Sean dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Ricardo dan Sean Gelael ramaikan Kejurnas Sprint Rally di Malang

Sementara itu Ricardo walau secara umum ada di posisi 10, dia terus memperbaiki catatan waktunya. Bahkan pada SS4, Ricardo menorehkan 4 menit 43,2 detik yang berakhir sekitar tujuh detik dari waktu di SS1 miliknya, 4 menit 50,3 detik.

"Saya menikmati reli ini walau usia tetap tidak bisa bohong, karena saya sudah 64 tahun. Yang bikin capek itu karena belokan di sini banyak dan patah, berbeda dengan di lintasan Reli Danau Toba yang lebih mengalir sehingga saya bisa punya ritme. Apa pun itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan Kejurnas Sprint Rally ini," kata Ricardo yang berpasangan dengan co-driver Ian Soejono.

H. Rahmat/Hade Mboi sangat cepat dan konsisten pada sprint rally kali ini. Pasangan tim LFN Sederhana Motorsport ini sangat layak jadi pemenang. Pasangan rekan satu tim yang mobilnya dijajal Sean, H. Putra/M. Redwan, ada di posisi dua, sementara H. Rihans Variza/Anthony Sarwono (Ford Fiesta) melengkapi podium kelas M1 dan overall.

Selanjutnya, putaran empat Kejurnas Sprint Rally digelar di Jawa Barat pada 26-27 Agustus.

Baca juga: Sean Gelael dukung ayah tampil maksimal di Reli Danau Toba 2023
Baca juga: Ricardo lebih cepat dari sang pemenang pada leg 2 Reli Danau Toba 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023