... anda turun... "
Surabaya (ANTARA News) - Rapat paripurna DPRD Kota Surabaya, Jumat siang, ricuh karena sejumlah anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) memprotes keabsaan atau status pimpinan rapat, Wishnu Wardhana.

"Interupsi, saya mempertanyakan status anda di depan mewakili fraksi apa," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat, Irwanto Limantoro, saat rapat itu.

Dia mengatakan, rapat paripurna tidak sah karena dipimpin Wardhana yang tidak mewakili fraksi manapun karena sudah dipecat dari Partai Demokrat dan juga telah membelot ke partai lain.

Wardhana mengatakan, rapat paripurna tersebut dengan agenda mendengarkan jawaban wali kota Surabaya terhadap pandangan umum fraksi-fraksi terkait panitia khusus Raperda Tentang Retribusi Mendirikan Bangunan.

"Ada ruang untuk itu. Saya akan tanggapi di luar forum ini," katanya.

Namun pernyataan dia tidak ditanggapi anggota lain. Bahkan suara gaduh bermunculan, ada juga yang memukul-mukul meja, dan suara-suara lantang bermunculan.

Interupsi juga disuarakan anggota lain F-PD, M Machmud. Calon pengganti Wardhana sebagai ketua DPRD Surabaya itu mengatakan secara lantang, Wardhana tidak memiliki hak untuk memimpin lagi karena tidak menjadi anggota FPD.

"Saya minta, anda turun," katanya. Fraksi F-PD dan Fraksi Partai Golkar akhirnya melenggang keluar dari ruang sidang. (*)

(A052/M029)

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013