Jakarta (ANTARA) -
Setelah dua bulan lalu diluncurkan di iOS, aplikasi teknologi kecerdasan buatan (AI) populer besutan OpenAI, ChatGPT, akan dirilis untuk gawai berbasis Android minggu depan.
 
Menurut laporan Tech Crunch pada Sabtu, OpenAI mengumumkan kabar tersebut melalui sebuah cuitan di Twitter bahwa aplikasi ChatGPT akan "diluncurkan untuk pengguna pada minggu depan".
 
Pengguna di Amerika Serikat dikabarkan akan menjadi yang pertama bisa menikmati aplikasi teknologi kecerdasan ChatGPT buatan perusahaan milik Sam Altman itu di gawai Android.
 
OpenAI belum membeberkan rencana ketersediaan untuk negara lain, tetapi diperkirakan perilisan ChatGPT Android di negara lain akan dilakukan dalam beberapa minggu atau bulan setelah peluncuran perdananya.

Baca juga: OpenAI perkenalkan aplikasi khusus ChatGPT bagi pengguna iOS

OpenAI memperluas ChatGPT untuk iOS di sejumlah negara seminggu setelah perilisannya di Amerika Serikat. Pada bulan Mei, OpenAI merilis aplikasi ChatGPT untuk gawai berbasis iOS yang telah diunduh sebanyak 500 ribu kali hanya dalam kurun waktu seminggu setelah tanggal perilisannya.
 
Aplikasi tersebut sempat menjadi salah satu aplikasi dengan pertumbuhan tercepat sebelum disalip oleh aplikasi media sosial besutan Meta, Threads, yang berhasil mendapatkan 30 juga pengguna dalam waktu 24 jam.
 
Aplikasi ChatGPT versi Android memiliki tampilan dan fitur serupa dengan versi iOS, hampir semua fitur yang tersedia di versi web juga akan hadir di Android. Pengguna dapat melakukan sinkronisasi percakapan dan preferensi di seluruh perangkat.
 
Meskipun memiliki fitur serupa, beberapa fitur khas iOS seperti Siri dan Shortcut tidak akan tersedia di aplikasi versi Android.

Pengguna dapat mendaftar di laman aplikasi ChatGPT pada Google Play Store supaya aplikasi tersebut langsung terpasang di gawai ketika sudah dirilis.

Baca juga: Apple kembangkan teknologi AI mirip ChatGPT

Baca juga: Meta rilis model AI baru Llama 2 yang dapat diakses secara umum

Baca juga: Inflection kembangkan teknologi chatbot AI tandingan ChatGPT

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023