Jakarta (ANTARA) - Pebalap senior yang juga juara nasional reli 2006 Ricardo Gelael ikut meramaikan Kejurnas Sprint Rally di Malang, Jawa Timur, yang berlangsung pada 22-23 Juli 2023.

Ricardo tak akan sendirian sebagai wakil Jagonya Ayam Motorsport. Mengendarai Citroen C3 R5, dia ditemani sang anak, Sean Gelael. Bedanya, bila ayah turun sebagai peserta murni, sang anak berlomba dalam statusnya sebagai pebalap ekshibisi.

Sejak Rabu (17/7) keduanya sudah berlatih di Sirkuit Puslatker TNI AL. Ricardo dan Sean secara bergantian didampingi co-driver Ian Soejono.

Sirkuit di perkebunan tebu itu memiliki satu jenis permukaan, gravel (tanah liat), sehingga debu adalah bagian dari tontonan yang tercipta.

Latihan terakhir digelar Jumat, dan diikuti lebih banyak peserta dibanding latihan sebelumnya. Sebanyak 150 pebalap selama dua hari bakal beradu cepat untuk total 21 km dari empat SS yang disediakan, baik clockwise (searah jarum jam) maupun sebaliknya.

Baca juga: Ricardo lebih cepat dari sang pemenang pada leg 2 Reli Danau Toba 2023
Baca juga: Sean Gelael kebagian tes mobil setelah laju ayahnya terhambat


Pada latihan Jumat, Sean menjadi yang tercepat dari dua run alokasi waktu yang diberikan panitia. Sementara itu, Ricardo terhalang oleh bendera kuning pada run keduanya.

Pada run 1 Sean mencatat 2 menit 15.6 detik untuk lintasan latihan sepanjang 3 km. Dua pebalap LFN Sederhana Motorsport membuntuti Sean, yakni H. Rahmat (Hyundai) dan H. Putra Rizky (Skoda).

Pada run 2 Sean mempertajam waktu menjadi 2:14.7. Kali ini andalan Banteng Motorsport, Bimo Pradikto (Toyota) jadi nomor dua dan H. Putra kembali di posisi tiga. Pada run 3, pebalap Delta Garage Racing Team, Dypo Putra (Ford) menjadi yang tercepat diikuti H. Putra.

"Saya berpartisipasi selain mendukung ayah, juga untuk meramaikan kejuaraan ini. Senang melihat begitu banyaknya peserta dan dari beragam jenis mobil. Soal hasil urusan nanti, besok kita nikmati saja reli ini," kata Sean dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Sementara, Ricardo berjanji untuk mengerahkan segenap tenaga dan kemampuan pada "hari perang" sesungguhnya mulai Sabtu.

"Besok saya akan tancap gas. Latihan Jumat ini saya menyimpan tenaga, karena saya merasa lelah setelah latihan sejak Rabu," ujar Ricardo.

Jadwal Sprint Rally Malang
Sabtu, 22 Juli
SS1 - Puslatker TNI AL anti-clockwise 5,25 km
SS2 - Puslatker TNI AL anti-clockwise 5,25 km

Minggu, 23 Juli
SS3 - Puslatker TNI AL clockwise 5,25 km
SS4 - Puslatker TNI AL clockwise 5,25 km

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023