Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Google secara resmi merilis salah satu fitur berbagi-nya yaitu "Nearby Share" untuk para pengguna perangkat dengan sistem operasi Windows sehingga memudahkan pengguna produk Android berbagi data.

Dalam unggahan Blog Google, Group Product Manager Android Ronald Ho menyebutkan fitur yang telah diuji coba sejak Maret 2023 itu kini sudah diunduh oleh lebih dari 1,7 juta pengguna di seluruh dunia dengan lebih dari 50 juta data telah dibagikan antara perangkat PC dan Android.

Dengan hasil tersebut, maka versi stabil untuk "Nearby Share" di Windows telah resmi dirilis untuk lebih banyak membantu pengguna Android semakin produktif.

Baca juga: Google: Indonesia dapat dorong ASEAN percepat transformasi digital

Lebih lanjut, pembaruan telah dilakukan oleh Google untuk fitur ini bisa lebih optimal salah satunya mengurangi tingkat kegagalan dan meningkatkan keberhasilan pengiriman data.

"Kami juga menambahkan waktu untuk mengetahui sampai sebuah data selesai dikirim. Ini tentunya sangat berguna saat pengguna mengirim data berukuran besar seperti video atau satu dokumen yang banyak, dengan ini pengguna bisa melihat seberapa cepat data itu dibagikan," ujar Ronald dikutip dari blog yang diunggah Selasa (19/7).

Pembaruan lainnya juga dibawa Google dengan memberikan pratinjau berupa gambar sebagai notifikasi ke perangkat sehingga saat akan mengirim data pengguna bisa melihat apakah data yang dikirim benar atau tidak.

Adapun bagi yang tertarik dengan fitur "Nearby Share for Windows" kini sudah dapat mengunduh-nya di situs web Android.com.

Perangkat Windows yang bisa memanfaatkan fitur ini setidaknya harus memiliki spesifikasi menggunakan sistem operasi Windows 10 versi 64-bit ke atas, memiliki akses Bluetooth, dan juga Wi-Fi.

Layanan ini, tidak tersedia untuk perangkat ARM.

Setelah mengunduh fitur ini dan anda akan melakukan transfer data ke Android atau pun sebaliknya, perlu diingat antar perangkat yang dimiliki harus berada dalam jarak maksimum 5 meter agar pengiriman dapat berhasil.

Baca juga: Google tengah uji coba AI ciptakan "background" untuk Meet

Baca juga: Google umumkan ekspansi Bard, kini bisa Berbahasa Indonesia

Baca juga: Kenali enam fitur baru di Bard dukung produktivitas kerja

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023