Surabaya (ANTARA News) - Pebulu tangkis tunggal putri Aprilia Yuswandari memastikan kemenangan Indonesia setelah mengalahkan pemain Vietnam, Vu Thi Trang 25-23, 21-18 di laga perdana babak penyisihan Piala Axiata 2012, Kamis.

Bermain di Arena DBL Surabaya, pemain berusia 24 tahun, Aprilla, mendapat perlawanan sengit dari Vu Thi Trang sejak awal laga. Aprilia dipaksa bermain di "deuce" hingga enam kali untuk memetik modal kemenangan set pertama.

Susul menyusul skor antara kedua pemain terjadi sejak smes keras Aprilia menusuk pertahanan Thi Trang dan membuat skor 10-8.

Thi Trang terus berusaha tampil lebih baik. Dia mampu beberapa kali mengembalikan bola yang menyulitkan Aprilia. Bahkan di penghujung set pertama, Thi Trang mampu melampaui Aprilia dengan skor 18-20.

Saat "deuce", Aprilia dan Thi Trang terlibat reli panjang susul menyusul angka. Namun, bermain dengan dukungan dari sekitar dua ribu penonton yang memadati Arena DBL, Aprilia, semifinalis Malaysia Terbuka 2011, memastikan kemenangan di set pertama setelah pengembalian Thi Trang gagal melewati net, 25-23.

Di set kedua, Thi Trang kembali menunjukan perlawanan sengit menghadapi Aprilia. Namun, pemain asal Yogyakarta Aprilia berhasil mempertahankan keunggulan 15-12. Aprila mengakhiri set kedua dengan pengembalian bola yang sempurna 21-18 di pertahanan Thi Trang yang sudah terlihat lelah.

Usai laga, Aprilia mengaku sempat kesulitan menghadapi kerja keras Thi Trang.

"Dia sejak awal memang ulet, walaupun main di Indonesia tapi tetap main bagus," ujar Aprilla.

Aprilia juga mengatakan dirinya tidak fit 100 persen dalam laga ini.

"Kondisi saya pun sebenarnya tidak begitu baik, feelingnya lagi gak bagus," ucapnya.

Sementara, Vu Thi Trang mengatakan perlawanan sengitnya rontok di akhir set kedua dan membuatnya terpaksa harus menelan kekalahan.

"Saya sudah berusaha maksimal, tapi, pemain Indonesia itu memang kemampuannya mungkin di atas saya," ujarnya.

Kemenangan Indonesia di laga ini, dimulai saat ganda campuran Ricky Karanda Suwardi dan Bellaetrix Manuputty mengalahkan Duong Bao Duc dan Thai Thi Horg Gan 21-12, 21-13.

Kemudian partai kedua, Simon Santoso menumbangkan Nguyen Hoang Nam 21-14, 21-10. Di laga terakhir, pemain ganda putra M. Ulinnuha dan Ricky SUwardi menyempurnakan kemenangan 21-14, 21-14, melawan Bao Minh dan Nguyen Khang.

Indonesia selanjutnya akan bertanding dengan Singapura, Jumat (22/3), di Arena DBL, Surabaya.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013