Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jazuli Juwaini, untuk mendapatkan keterangan tentang Ahmad Fathanah, tersangka perkara suap pengurusan impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan pidana pencucian uang.

"Saya dimintai keterangan tentang saudara Ahmad (Fathanah), tidak tahu pertanyaannya apa tapi dugaan saya akan ditanya seputar jual beli mobil," kata Jazuli di gedung KPK Jakarta, Kamis.

Jazuli adalah anggota Komisi VIII DPR RI yang membidangi agama, sosial, pemberdayaan perempuan dan anak, dan serta penanggulangan bencana.

Sementara Ahmad Fathanah adalah orang dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. Ia tertangkap tangan oleh KPK saat menerima uang suap senilai Rp1 miliar dari perusahaan pengimpor daging pada Januari lalu.

"Tahun lalu saya menjual mobil, dan yang membeli mobil tersebut adalah Ahmad," ungkap Jazuli.

Mobil yang dimaksud Jazuli itu adalah mobil Toyota Land Cruiser Prado dengan barang bukti uang Rp1 miliar yang dibawa Ahmad Fathanah ke Hotel Le Meredien, tempat KPK menangkap dia bersama barang bukti.

Jazuli membantah mengetahui masalah pengaturan impor daging sapi yang menjerat Luthfi dan Ahmad Fathanah. "Saya tidak tahu menahu soal daging," katanya Jazuli.

Sebelumnya KPK telah menyita empat mobil milik Ahmad Fathanah yaitu mobil Toyota Land Cruiser hitam dengan nomor polisi B 1330, mobil Mercedes Benz SZZ warna hitam bernomor polisi B 8749 BS, mobil Toyota Alphard C 200 warna putih dengan nomor polisi B 53 FTI serta mobil Toyota Land Cruiser Prado hitam bernomor polisi B 1739 WFN.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013