Empat gubernur BI tersebut adalah Syafruddin Prawiranegara, Sumarno, Jusuf Muda Dalam, dan Sumanang. Jadi tidak harus seorang profesor atau doktor ekonomi,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi XI DPR Emir Moeis berpendapat jabatan gubernur Bank Indonesia bukan hanya monopoli ekonom karena sudah ada empat sarjana hukum yang memimpin pada periode-periode sebelumnya.

"Empat gubernur BI tersebut adalah Syafruddin Prawiranegara, Sumarno, Jusuf Muda Dalam, dan Sumanang. Jadi tidak harus seorang profesor atau doktor ekonomi," katanya saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Menurut dia, gubernur pertama BI Syafruddin Prawiranegara adalah lulusan sarjana hukum yang meletakkan dasar-dasar bank sentral di Indonesia.

"Kriteria gubernur BI adalah orang tersebut harus menguasai makro ekonomi dan makro prudential dengan baik serta dan menjaga tidak kembali krisis. Namun, yang paling penting itu adalah mempunyai jiwa kepemimpinan karena kebijakan BI adalah kebijakan dewan gubernur yang diambil secara `collective collegial`," kata dia.

Sebelumnya, Komisi XI DPR memutuskan untuk menerima pengajuan nama Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia pada Selasa malam.

"Dalam hal pengajuan Agus Marto, kami dapat menerima beliau sebagai calon gubernur BI," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qosasi usai rapat internal Komisi XI DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa.

Achsanul mengatakan, DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap Agus Martowardojo pada 25 Maret 2013.

"`Fit and proper test` akan dilaksanakan satu hari, besoknya baru diputuskan karena harus konsolidasi dengan partai dan fraksi masing-masing," kata Achsanul.

Pihak DPR, lanjutnya, masih memberikan kesempatan kepada pemerintah jika akan menambah atau memberikan alternatif calon gubernur BI yang lain.

"Dipersilakan mengajukan sebelum tanggal 25 Maret, kalau tidak juga tidak apa-apa. Kami tetap menerima satu calon," kata Achsanul.

Dengan demikian, maka pada 26 Maret 2013 Bank Indonesia akan memiliki gubernur BI yang baru. "Tanggal 26 sudah ada keputusan baru tentang gubernur BI," ujar Achsanul.
(A063/A035)

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013