Jakarta (ANTARA) - Dua podium beruntun yang diraih Jonathan Rea (Kawasaki Racing) di World Superbike (WSBK) Italia di Sirkuit Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola akhir pekan lalu, membuatnya semakin yakin menghadapi sisa musim 2023.

Dikutip dari keterangan resmi WSBK, Selasa, Rea untuk pertama kali di musim ini mengamankan dua podium sekaligus dalam satu putaran dan dinilai konsisten berjuang untuk mengamankan tiga tempat teratas pada dua balapan di Imola.

"Itu adalah akhir pekan yang solid, mungkin akhir pekan terbaik musim kami sejauh ini. Saya sangat senang kami bisa mencoba menjaga momentum ini dengan bertarung di depan. Kami tahu Imola akan menjadi sirkuit yang lebih kuat bagi kami," kata Rea.

Sebelum memulai balapan puncak, juara dunia enam kali itu berada di urutan keempat dalam sesi Superpole Race saat ia finis hanya dua persepuluh detik di belakang pebalap Pata Yamaha Prometeon Andrea Locatelli.

Locatelli memimpin paruh pertama balapan di depan Alvaro Bautista (Aruba.it Ducati) dan rekan setimnya Toprak Razgatlioglu, dengan Toprak akhirnya mengklaim pole.

Di Race 2, Rea dan Locatelli kembali terlibat dalam pertempuran sengit saat mereka memperebutkan posisi ketiga. Kali ini, Rea mampu unggul melawan pebalap Italia itu dengan lebih cepat empat detik.

Baca juga: Bautista sebut crash di WSBK Italia terjadi karena kesalahan sendiri

"Saya mencoba untuk tidak membuat kesalahan apapun, saya bekerja cukup baik dengan tim, dan kami berpegang teguh pada pilihan ban belakang kami untuk Race 2. Kami keluar dengan banyak poin," ujar Rea.

Selain dua kemenangan yang solid, pebalap asal Irlandia Utara itu mengatakan sangat terkesan dengan kehadiran para penggemar yang memadati Sirkuit Imola akhir pekan lalu.

Tercatat, lebih dari 53.000 penggemar datang untuk menyaksikan kembalinya WSBK ke Imola setelah absen selama empat tahun.

"Saya tidak pernah berkendara untuk pabrikan Italia dan saya tidak berbicara bahasa Italia, tapi kami memiliki hubungan yang baik dengan para penggemar di sini. Saya ingin berterima kasih kepada mereka karena mereka memberi saya banyak kekuatan untuk tidak menyerah, terus bekerja keras, dan kami pantas mendapatkan podium," kata Rea.

Sementara itu, WSBK putaran kedelapan akan bergulir di Ceko pada 28 hingga 30 Juli.

Baca juga: Toprak manfaatkan momentum demi raih juara Race 2 WSBK Italia
Baca juga: Toprak rayakan podium ke-100 sepanjang kariernya di WSBK

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023