Banyuwangi (ANTARA News) - Tim putra tuan rumah Surabaya Samator memenuhi ambisinya merebut juara paruh musim atau putaran pertama kompetisi bola voli BSI Proliga 2013 di GOR Tawang Alun, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu malam.

Pada laga terakhir, Bagus Wahyu Ardiyanto dan kawan-kawan tanpa ampun melibas pesaingnya Jakarta Electric PLN dengan skor telak 3-0 (25-17, 25-18, 25-19).

Dengan tambahan tiga angka, Samator langsung beranjak ke puncak klasemen dengan mengumpulkan nilai 13, menggusur Palembang Bank Sumsel Babel yang memiliki nilai 12. Sementara Jakarta Electric dengan nilai 10, turun ke peringkat keempat di bawah Jakarta Sananta.

"Kami bersyukur bisa menjuarai putaran pertama, tetapi bukan berarti tim kami sudah aman ke babak empat besar. Perjalanan masih panjang, masih banyak kekurangan yang harus dibenahi," kata Manajer tim Surabaya Samator Hadi Sampurno.

Sebagai juara paruh musim, Samator berhak memperoleh hadiah uang Rp10 juta, sama seperti yang didapatkan tim Jakarta Popsivo PGN yang menjuarai putaran pertama sektor putri sehari sebelumnya.

Laga Samator melawan Jakarta Electric yang awalnya diprediksi berlangsung ketat, karena kedua tim sama-sama berpeluang juara paruh musim, ternyata lebih didominasi oleh tuan rumah.

Tampil dengan formasi terbaik yang terdiri dari Bagus Wahyu (tosser), I Putu Randu Wahyu, Samsul Kohar, Ahmad Faisal, Jonadabe Carneiro, Rangel Luis De Oliviera, dan libero Veleg Dhani Krisnawan, juara tiga kali Samator bermain solid.

Variasi serangan cepat dan "open spike", serta ditambah beberapa kali bola tipuan dari sang kapten Bagus Wahyu, membuat pertahanan Electric kocar-kacir.

Jakarta Electric yang kali ini tidak diperkuat Edinho Edison Candido yang sedang cedera, kesulitan mengimbangi serangan Samator.

Penerimaan bola pertama yang buruk juga membuat serangan dari Antho Bertiawan dan kawan-kawan selalu mudah ditebak lawan.

"Permainan Electric tidak berkembang karena `receive` mereka buruk sehingga mudah bagi kami untuk mengantisipasinya," kata Asisten Pelatih Samator Ibarsyah Danu.

Setelah menyelesaikan putaran pertama, Samator kembali melanjutkan laga pertama putaran kedua pada Minggu (17/3), melawan tim tangguh Palembang Bank Sumsel Babel.

Saat pertemuan seri sebelumnya di Solo, Samator menyerah dengan skor 1-3 dari juara Proliga 2011 itu. "Besok kami siap membalas kekalahan," ujarnya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013