Pendapat kami pribadi, pergantian pelatih sangat terbuka meski waktunya sudah mepet. Ganti saja dengan pelatih lokal,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengamat sepak bola Tommy Welly mengatakan peluang penggantian pelatih Timnas Indonesia sangat terbuka seiring dengan keputusan kontroversial yang dilakukan Luis Manuel Blanco terhadap pemain yang menjalani pelatnas.

"Pendapat kami pribadi, pergantian pelatih sangat terbuka meski waktunya sudah mepet. Ganti saja dengan pelatih lokal," kata pria yang akrab dipanggil Towel di Hotel Sultan Jakarta, Jumat.

Towel sebenarnya enggan berkomentar terkait keberadaan pelatih asal Argentina itu. Hanya saja setelah pelatih tersebut melakukan keputusan kontroversial terkait pencoretan pemain, pihaknya merasa perlu merespons.

Apa yang dilakukan oleh Luis Manuel Blanco, kata dia, kurang tepat karena alasan pencoretan kurang begitu jelas. Seharusnya sebelum melakukan pencoretan pelatih terlebih dahulu memberikan alasan secara detail.

"Penjelasan harus logis. Apalagi masyarakat sepak bola Indonesia sangat peka dalam mengikuti perkembangan," kata Towel menambahkan.

Pria yang saat ini fokus sebagai komentator sepak bola pada salah satu televisi swasta ini mengaku, pemain ISL yang dipanggil seleksi timnas di bawah asuhan Luis Manuel Blanco berada pada puncak performanya. Dengan demikian wajar jika kondisinya lelah apalagi telah menjalani kompetisi selama dua bulan berturut-turut.

"Zulham Zamrun dan Jajang Mulyana, contohnya. Mereka dalam kondisi terbaik dan mampu menjadi top skor di klubnya (Mitra Kukar). Kondisinya jelas bagus," kata mantan wartawan ini.

Peluang terjadinya pergantian pelatih juga dikatakan oleh Wakil Ketua BTN Harbiansyah Hanafiah. Pria yang juga menjadi Preskom PT Liga Indonesia itu mengaku mempunyai banyak pilihan apabila terjadi pergantian pelatih timnas.

"Kita ada beberapa pilihan seperti Jacksen F. Thiago dan Rahmad Darmawan," katanya.

Luis Manuel Blanco mulai dikenalkan ke publik sejak 7 Februari lalu. Pria asal Argentina ini langsung diberi kepercayaan oleh BTN untuk menukangi Timnas U-23 dan senior. Pertandingan melawan Arab Saudi nanti adalah debutnya dalam menukangi timnas pada pertandingan resmi.

(B016/I007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013