Shanghai (ANTARA/Business Wire)- UNIDO, Huawei dan para mitra lain resmi meluncurkan “Global Alliance on Artificial Intelligence for Industry and Manufacturing” (AIM Global) pada tanggal 6 Juli 2023 saat World Artificial Intelligence Conference (WAIC) keenam. Dipimpin oleh UNIDO, AIM Global akan menyatukan mitra publik dan swasta untuk mendorong penggunaan dan inovasi AI dalam industri dan manufaktur.

Dalam pidatonya di hadapan hadirin WAIC saat upacara pembukaan tersebut, Mr. Gerd Müller, Direktur Jenderal UNIDO, berkata: “Kita semua bertanggung jawab memastikan bahwa kemajuan di bidang AI dilakukan dengan cara yang aman, etis, berkelanjutan, dan inklusif. AIM Global mengakui pentingnya menjembatani kesenjangan digital antar negara dan industri dan memastikan tidak ada yang tertinggal dalam revolusi AI. AIM Global akan menjadi yang terdepan dalam membentuk lanskap AI. Mari bekerja sama membangun masa depan di mana AI menjadi kekuatan bagi kebaikan yang manfaatnya dapat dinikmati oleh semua orang, dan di mana inovasi berkembang selaras dengan nilai-nilai yang kita anut bersama.”

“Kami bangga menjadi mitra strategis AIM Global. Melalui kerja sama yang erat dengan UNIDO dan mitra Alliance lainnya, Huawei akan menggunakan AI untuk menghadirkan momentum baru bagi pengembangan industri,” kata Vicky Zhang, Wakil Presiden Corporate Communications Huawei. Beliau menambahkan: “Huawei sedang membangun dasar yang kuat dalam hal kemampuan komputer dan meluncurkan beberapa model besar yang dirancang untuk industri tertentu. Tujuan kami adalah mengembangkan solusi AI yang melayani semua industri dengan lebih efektif – dan yang lebih mampu mendukung penelitian ilmiah.”

Alliance akan memetik manfaat dari jaringan lokal dan wawasan dari kantor-kantor investasi maupun promosi teknologi UNIDO yang mendukung UKM di seluruh dunia. Pemahaman mendalam yang dihasilkan tentang tantangan sebenarnya yang dihadapi oleh UKM di seluruh sektor akan menginformasikan strategi AIM Global untuk memaksimalkan dampaknya. UNIDO berkomitmen untuk mendukung upaya perintisan dalam meningkatkan daya saing industri dan pembangunan berkelanjutan melalui AI.

AIM Global akan menjadi platform untuk kerja sama, berbagi pengetahuan, pengembangan praktik-praktik terbaik, dan berfokus pada empat bidang utama. Pertama, AIM Global akan memfasilitasi penelitian dan pengembangan teknologi AI khusus untuk industri dan manufaktur. Kedua, Alliance dan para mitranya akan mengembangkan dan mendukung pedoman etika bagi penggunaan AI dalam industri dan manufaktur. Termasuk kriteria lingkungan dan kriteria masyarakat. Ketiga, dengan bantuan Alliance, UNIDO berupaya menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah dan organisasi internasional tentang penggunaan AI dalam industri dan manufaktur. Langkah ini akan mendorong pengembangan strategi AI nasional. Terakhir, AIM Global akan mengembangkan penggunaan praktik-praktik terbaik untuk penerapan AI dalam industri dan manufaktur.

Huawei akan aktif mendukung AIM Global dengan studi kasus tentang penerapan AI industri, wawasan dari riset dan pengembangan intensifnya, dan menyediakan jaringan pakar globalnya.


Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

Sumber: Huawei

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023