Munich (ANTARA News) - Bayern Munich maju ke perempatfinal Liga Champions kendati kalah 0-2 dari Arsenal pada leg kedua dini hari tadi di Munich setelah mereka unggul gol tandang dari wakil Inggris itu.

Olivier Giroud menjaringkan gol cepat pada menit ketiga guna memberi harapan kepada the Gunners yang tumbang 1-3 pada leg pertama bulan lalu.

Laurent Koscielny mengirimkan sundulan pada lima menit sebelum pertandingan usai, namun Arsenal gagal mencetak gol ketiga yang bisa menjadi tiket mereka ke perempatfinal.

Tersisihnya Arsenal ini membuat untuk pertama kalinya sejak musim 1995/1996 tidak ada satu pun wakil Inggris pada babak perempatfinal Liga Champions, kendati the Gunners bangkit dengan penuh kebanggaan setelah menjadi tim Inggris pertama yang memenangi pertandingan tandang melawan Bayern sejak Norwich City melakukannya pada musim 1993/94.

Meskipun beberapa bintangnya absen pada laga dini hari tadi, termasuk penyerang Lukas Podolski dan Jack Wilshere, Arsenal menyingkirkan semua rintangan dan mewujudkan janji mereka mencipta gol di menit-menit awal saat Theo Walcott menerobos kotak penalti, lalu mengirim umpan silang kepada Giroud yang asal Perancis itu untuk kemudian menjaringkan gol pada lima menit setelah pertandingan baru saja mulai.

Bayern yang tetap tenang dan mengendalikan permainan, berkat umpan-umpan kurang matang Arsenal, sempat menciptakan peluang diantaranya dari Luiz Gustavo pada menit sepuluh, sayang tendangannya melenceng.

Tony Kroos juga sempat mencoba peruntungannya dengan menembus pertahanan rapat Arsenal, termasuk bek kiri Kieran Gibbs yang berusaha mencegah para pemain klub Bavaria itu masuk kotak penalti Arsenal.

Bayern memasukkan darah segar di babak kedua dan Arjen Robben yang menggantikan Franck Ribery yang cedera, nyaris menciptakan gol namun kiper Arsenal  Lukasz Fabianski membloknya.

Fabianski, yang mengganti posisi Wojciech Szczesny karena dianggap punya beban mental oleh pelatih Arsene Wenger, kembali menciptakan penyelamatan gemilang ketika Robben melepaskan lagi tendangan dan kembali diblok sang penjaga gawang Arsenal itu.

Bayern yang melepaskan tembakan berupaya gol kendati mereka kehilangan ketajamannnya kembali terguncang saat Koscielny menyundul bola yang dikirim Santi Cazorla dari tendangan penjuru.

Dengan agregat 3-3, tuan rumah yang akhirnya lolos ke perempatfinal, setelah Bayern unggul dalam gol tandang dari Arsenal, 3 versus 2.

Hasil pertandingan leg kedua ini jauh dari perkiraan banyak orang sebelumnya, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013