Jakarta (ANTARA) - Pemimpin grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) sekaligus penyanyi rap RM merenungkan dia pernah dibenci oleh penyanyi rap lain pada awal karirnya dan menurut dia momen itu terasa seperti sesuatu yang harus dilalui setiap orang sekali dalam hidup mereka.

Pemikiran RM terungkap melalui memoar berjudul "Beyond the Story: 10-Year Record of BTS" yang ditulis jurnalis Kang Myeongseok dan dirilis pada 9 Juli 2023.

Dalam memoar itu, seperti disiarkan Insider, Rabu, memuat kisah para personel BTS tentang karir mereka dari sebelum debut grup pada tahun 2013 hingga sekarang.

RM yang memiliki nama asli Kim Nam-joon berbicara tentang B-Free yang membencinya dan rekan-rekannya di BTS karena mengejar karir sebagai idola meskipun memulai karir mereka di kancah hip-hop.

Menurut RM, saat menerima penghinaan dari seseorang di industri yang sama, dia belajar bagaimana merespons ketika sedang berjalan lalu tiba-tiba "ditampar orang lain entah dari mana".

Insiden B-Free relatif terkenal di kalangan ARMY, penggemar BTS, dan penghinaan itu terjadi saat awal karir grup tidak lama setelah debut mereka.

RM dan Suga muncul di episode peringatan satu tahun podcast Kim Bong-hyun pada November 2013. Selama podcast, B-Free mengatakan tidak mendengarkan musik BTS.

Sebagai gantinya, dia mengejek penampilan BTS sebagai idola dan mengatakan mereka bisa terus menjadi rapper, tetapi, tidak bisa menahan godaan uang.

B-Free juga mencela BTS karena menyisikan lagu Ye berjudul "Black Skinhead" yang dikerjakan ulang dengan lirik mereka sendiri di trailer konsep untuk mini album kedua berjudul "O!RUL8,2?"
 
B-Free akhirnya meminta maaf atas komentar jahatnya terhadap BTS dalam serangkaian cuitan pada tahun 2016. Dia mengatakan telah salah menyerang BTS dan sejak itu menyadari bahwa membenci orang lain atas apa pun yang ingin mereka lakukan adalah salah.

Dia meminta maaf lagi pada tahun 2019, menulis di Twitter bahwa dia sangat menyesal atas semua rasa sakit emosional yang dia sebabkan kepada BTS dan penggemar mereka.

Pada akhirnya, RM mengatakan dalam memoarnya bahwa insiden itu tidak dapat dihindari.

"Melihat ke belakang, rasanya seperti kita mengalami sesuatu yang setiap orang harus lalui sekali dalam hidup mereka," kata RM.

Baca juga: RM rayakan hari jadi BTS ke-10 tahun dengan menulis surat menyentuh

Baca juga: Album solo pertama RM BTS duduki peringkat tiga Billboard 200

Baca juga: BTS akan terbitkan buku 10 tahun berkarier dalam 23 bahasa

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023