Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meluncurkan program pelatihan Coding Mum, Coding Difabel, dan Solar Mum untuk para ibu, remaja perempuan, dan penyandang disabilitas di calon wilayah IKN yang berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
 
Program ini diadakan guna mendukung Visi Nusantara sebagai “Kota Dunia untuk Semua”, serta memberikan perspektif digital dari teknologi, meningkatkan kemandirian dalam pengelolaan energi dan pengembangan bisnis lokal.
 
"Jangan lelah mempersiapkan diri, Nusantara harus siap menjadi kota yang tidak seperti biasanya," kata Kepala OIKN Bambang Susantono saat meresmikan acara tersebut yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Otorita IKN siapkan pendampingan untuk kembangkan UMKM lokal
 
Bambang mengatakan Nusantara akan menjadi kota yang cerdas, dengan berbagai macam hal yang terintegrasi dengan aplikasi.
 
Contohnya, kata dia, berbagai surat seperti akta kelahiran, kematian, dan perkawinan semuanya akan terintgerasi dengan aplikasi digital.
 
Selain itu, interaksi antara pemerintah dan masyarakat juga akan dilakukan dengan seefisien mungkin dengan menggunakan aplikasi digital.
 
"Bahkan nanti bapak dan ibu jangan bawa map untuk datang ke kelurahan, itu kuno, kita harus efisien supaya waktu bapak dan ibu sekalian lebih produktif," ujarnya.

Baca juga: Pembangunan pertanian di IKN diterapkan dalam tiga prinsip
 
Oleh karena itu, menurut dia, program pelatihan Coding Mum dan Coding Difabel hadir sebagai upaya untuk memperkenalkan para ibu dan penyandang disabilitas dengan dunia digital, khususnya di bidang pemrograman.
 
Selain itu, program pelatihan Solar Mum juga diadakan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, khususnya bagi para ibu, guna berperan aktif dalam melakukan pemanfaatan energi terbarukan yang menjadi ciri khas Nusantara.
 
"Program seperti ini telah berhasil dilaksanakan di Kenya, India, dan Fiji," tuturnya.

Baca juga: Kepala Otorita: IKN akan dibangun menjadi kota hutan berkelanjutan
 
Oleh karena itu, dia berharap program ini dapat memberi manfaat untuk keluarga dan masyarakat, agar IKN menjadi salah satu mesin penggerak ekonomi dan pembangunan Indonesia di masa depan.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023