Jakarta (ANTARA) - Pebalap Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon) menantikan untuk meraih podium ke-100 di kejuaraan World Superbike (WSBK) Italia, yang akan digelar di Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari, Imola, akhir pekan depan.

Meskipun ini adalah kali pertamanya balapan di Imola bersama Yamaha, Toprak mengatakan akan berusaha keras untuk mencapai prestasi ini dan melanjutkan performa terbaiknya di sirkuit tersebut.

Dikutip melalui keterangan resmi WSBK, Jumat, pebalap Turki itu mengatakan sirkuit itu memiliki tantangan tersendiri. Di Tikungan 7, misalnya, ia menyebutkan adanya tanjakan besar di pintu keluar.

“Ini sudut yang bagus untuk pengereman. Dan pebalap membutuhkan akselerasi yang baik untuk mencapai Tikungan 9. Semuanya menanjak, jadi pebalap harus membawa kecepatan yang baik,” kata Toprak.

Di sisi lain, pemimpin klasemen pebalap sementara musim ini, Alvaro Bautista (Aruba.It Ducati), juga bersemangat untuk tampil di Imola, yang merupakan kandang bagi Ducati.

Baca juga: Bautista menangkan Race 1 WSBK Inggris dan catat rekor lap tercepat

Dengan hasil yang solid di sirkuit ini, beberapa waktu terakhir, termasuk finis ketiga di balapan Superpole dan finis kedua di Race 1 pada 2019, Bautista tahu apa yang diperlukan untuk unggul di trek demi menambah poin kejuaraan, serta mengklaim kemenangan pertamanya di sirkuit bersejarah.

Lebih lanjut, ada juga Jonathan Rea (Kawasaki Racing) yang mengincar posisi juara. Imola telah menjadi tempat berburu yang menyenangkan bagi Rea di masa lalu, dengan rekor luar biasa di sirkuit ini termasuk sembilan kemenangan -- yang di antaranya merupakan empat balapan WSBK terakhir di Imola.

Pebalap lain yang harus diwaspadai adalah Danilo Petrucci (Barni Spark Racing), yang baru-baru ini merayakan podium pertamanya di Donington Park. Bersaing di kandang sendiri, pebalap Italia itu akan berusaha untuk membangun kesuksesannya baru-baru ini dan memberikan performa yang kuat di Imola.

Rekan satu tim Toprak, Andrea Locatelli, yang saat ini menempati posisi ketiga klasemen kejuaraan, menghadapi tantangan unik saat menghadapi Imola untuk pertama kalinya di kelas Superbike.

Sementara itu, putaran ketujuh WSBK ini akan bergulir pada 14 hingga 16 Juli.

Baca juga: Toprak targetkan titel juara dunia 2024 bersama BMW
Baca juga: MGPA sebut belum ada keputusan Mandalika dicoret dari kalender WSBK

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023