Perusahaan NEV terkemuka di China tersebut disebut memiliki kapabilitas produksi pintar tingkat tinggi, memproduksi hampir "satu mobil per menit dari lini perakitan"
Guangzhou (ANTARA) - Kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) ke-20 juta di China diluncurkan dari lini produksi pada 3 Juli di pabrik GAC Aion di Guangzhou, Provinsi Guangdong, China Selatan, yang dikenal sebagai pusat produksi mobil.

Perusahaan NEV terkemuka di China tersebut disebut memiliki kapabilitas produksi pintar tingkat tinggi, memproduksi hampir "satu mobil per menit dari lini perakitan".

Menurut Gu Huinan, manajer umum perusahaan NEV GAC Aion, arsitektur Xingling dengan tata letak yang terpusat pada kemudi pintar, struktur bodi, dan kokpit, menghasilkan peningkatan menyeluruh dalam daya komputasi, efisiensi transmisi, rangkaian kabel, dan pengontrol.

Arsitektur ini mendukung Level 4 dan kemudi pintar di atas tingkat lanjutan. Selain kamera berdefinisi tinggi, radar gelombang milimeter, dan radar ultrasonik, Xingling juga memadukan integrasi inovatif teknologi pengindraan jauh inframerah Fengyun III dan tiga radar laser fokus variabel pintar generasi kedua, memberikan pengalaman berkendara pintar yang lebih aman dan andal.
 

Di lini perakitan pusat manufaktur pintar pertama GAC Aion di Panyu, Guangzhou, sejumlah besar lengan robotik bergerak naik dan turun, sementara kendaraan berpemandu otomatis (automated guided vehicles/AGV) datang dan pergi. Gu Huinan menyebutkan bahwa pabrik itu memiliki lebih dari 800 robot fungsional, dan berbagai proses seperti pengelasan, pengecapan, pengecatan, dan perakitan sebagian besar dilakukan secara otomatis. 


Gu Huinan mengatakan bahwa dengan rampungnya pabrik kedua GAC Aion tahun lalu, dua pabrik dengan total kapasitas 400.000 unit telah berdiri. Dengan memadukan visi mesin dan teknologi kecerdasan buatan (AI), pabrik-pabrik dapat melakukan pengendalian mutu yang komprehensif di semua bagian.

Dengan mengadopsi sumber energi bersih secara ekstensif seperti fotovoltaik dan tenaga nuklir, sebuah pabrik nol karbon terkemuka di dunia telah dibangun. Mereka juga menciptakan platform pabrik pintar terdepan, yang memungkinkan produksi kustomisasi massal untuk memenuhi permintaan pasar terkait personalisasi.

Pada akhir tahun ini, pusat manufaktur pintar ketiga GAC Aion diperkirakan akan selesai dan mulai beroperasi, menghasilkan efek dengan skala lebih besar dan menghadapi pasar yang lebih luas.

Pada 2017, GAC Group menginvestasikan 45 miliar yuan (1 yuan = Rp2.072) untuk memulai pembangunan kawasan industri NEV pintar dan terkoneksi serta mendirikan GAC Aion untuk pengoperasian merek independen, kata Feng Xingya, manajer umum GAC Group.

Sejak didirikan, GAC Aion mencapai rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan gabungan lebih dari 120 persen dan menjadi perusahaan terkemuka di sektor energi baru. Volume penjualan tahunan GAC Aion tercatat kurang dari 10.000 unit pada tahun 2017, tetapi melampaui 270.000 unit pada 2022.

Tahun ini, penjualannya diperkirakan akan melampaui 500.000 unit, menciptakan "Aion Speed" yang luar biasa dan telah menarik perhatian industri otomobil.

Menurut Cui Dongshu, sekretaris jenderal Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association/CPCA), pangsa kendaraan penumpang energi baru China mencapai 60 persen dari total global.

Perusahaan-perusahaan NEV China sudah memiliki keunggulan dalam hal skala dan superioritas dari segi teknologi dalam sistem komponen otomotif global, menjadikan NEV China sebagai kekuatan signifikan yang memimpin transformasi industri otomotif global. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023