London (ANTARA News) - Sutradara Inggris Sam Mendes tidak akan kembali untuk film James Bond berikutnya meskipun beragam pujian dan prestasi dilayangkan untuk "Skyfall", film ke-23 dari serial mata-mata 007.

Sutradara peraih Oscar itu akan fokus pada proyek teater di masa mendatang, kata dia pada majalah Empire seperti dilansir Reuters.

Kesuksesan "Skyfall", film Bond dengan penghasilan kotor terbesar lebih dari 1.1 miliar dolar di box office seluruh dunia telah mengundang spekulasi media bahwa Mendes akan kembali menyutradarai film Bond yang ke-24.

"Sungguh merupakan keputusan yang sangat sulit untuk tidak menerima tawaran Michael dan Barbara untuk menyutradarai film Bond berikutnya," kata Mendes, merujuk pada produser Bond Barbara Broccoli dan Michael G. Wilson.

"Menyutradarai 'Skyfall' adalah salah satu pengalaman terbaik dalam kehidupan profesional, tapi saya punya teater dan komitmen lain, termasuk produksi 'Charlie And The Chocolate Factory' dan 'King Year' yang butuh perhatian saya seluruhnya untuk tahun depan dan seterusnya."

Mendes punya latar belakang dalam menyutradarai teater dan terjun ke dunia film dengan memenangi Academy Award untuk debut "American Beauty" yang dibintangi Kevin Spacey.

Kolaborasinya dengan Daniel Craig sebagai James Bond serta bekerjasama dengan pemain baru termasuk Ralph Fiennes dan Ben Whishaw dalam "Skyfall" telah dipuji para kritikus dan membuat filmnya menjadi sukses secara komersil.

Meskipun begitu, sutradara 47 tahun itu tidak menutup kemungkinan untuk kembali membesut film Bond di masa mendatang.

"Saya merasa sangat terhormat menjadi bagian dari keluarga Bond, dan sangat berharap punya kesempatan untuk bekerja lagi dengan mereka di masa depan," kata dia.

Wilson dan Broccoli berkata mereka memahami keputusan Mendes untuk menolak Bond 24, namun menambahkan mereka "berharap untuk punya kesempatan berkolaborasi dengannya lagi."

(nan)


Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013