Beijing (ANTARA) - Pasar mobil listrik alias kendaraan penumpang energi baru (new energy vehicle/NEV) China terus mencatatkan ekspansi yang kuat dan diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi pada Juni tahun ini, menurut perkiraan Asosiasi Mobil Penumpang China (China Passenger Car Association/CPCA) pada Selasa (4/7).

CPCA memprediksi grosiran mobil listrik di China tersebut diperkirakan akan mencapai rekor penjualan 740.000 unit pada Juni 2023.

Menurut asosiasi itu, data perkiraan tersebut akan menandai kenaikan 10 persen secara bulanan (month on month) dan lonjakan 30 persen secara tahunan (year on year).

Penjualan retail NEV juga diperkirakan mencapai 740.000 unit di seluruh China pada Juni.

Dengan banyaknya model NEV baru yang diperkenalkan pada kuartal kedua tahun ini dan meningkatnya promosi dari produsen NEV, maka potensi pembelian konsumen secara bertahap meningkat sehingga akan mendukung pertumbuhan penjualan NEV yang berkelanjutan.

Asosiasi tersebut juga memprediksi bahwa penjualan NEV di China akan mencapai 8,5 juta unit sepanjang 2023, dan tingkat penetrasi tahunan NEV diperkirakan akan mencapai 36 persen.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023