Sebagai perusahaan energi PLN terus mendorong untuk menambah ketersediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik
Jayapura (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIW P2B) sudah membangun empat unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai upaya mendorong pemakaian kendaraan listrik kalangan masyarakat umum di Bumi Cenderawasih.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono dalam keterangan di Jayapura, Senin, mengatakan empat unit SPKLU yang telah dibangun tersebar di Kantor PLN UIW Papua dan Papua Barat sebanyak dua unit dan Kantor PLN UP3 Sorong satu unit.

"Saat ini menyusul di kantor PLN UP3 Manokwari, Papua Barat satu unit SPKLU," katanya.

Menurut Budiono, hadirnya SPKLU menjadi salah satu bentuk komitmen PLN dalam mendorong ekosistem penggunaan kendaraan listrik di Indonesia tetapi juga di Tanah Papua.

"Sebagai perusahaan energi PLN terus mendorong untuk menambah ketersediaan infrastruktur pendukung kendaraan listrik," ujarnya.

Dia menjelaskan beberapa fitur di PLN Mobile juga telah memudahkan para pengguna kendaraan listrik salah satunya yaitu dengan layanan kendaraan listrik layanan digital  yang memberikan informasi lokasi keberadaan SPKLU.

"Fasilitas pengisian daya tersebut dapat diketahui secara mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem dan masyarakat juga dimudahkan dengan platform pasarloka untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listriknya," katanya lagi.

Dia mengatakan ke depan pihaknya akan terus memperbanyak fasilitas pengisian daya kendaraan listrik secara bertahap dan tersebar di mana hingga akhir 2023 satu unit SPKLU akan dibangun di Kabupaten Biak Numfor.

"Dengan begitu masyarakat setempat tidak perlu khawatir lagi untuk mengisi baterai kendaraan listriknya," ujarnya lagi.

Dia menambahkan pemakaian kendaraan listrik selain memberikan dampak untuk mengurangi emisi dan polusi lingkungan, biaya yang dikeluarkan juga lebih murah jika dibandingkan dengan pembelian bahan bakar minyak (BBM).

"PLN juga memberikan diskon 30 persen tarif listrik pada pukul 22.00 WIT hingga 05.00 WIT bagi pemilik kendaraan listrik yang mengisi daya kendaraan listriknya di rumah," katanya lagi.

Secara nasional PLN saat ini telah menyediakan 616 unit yang tersebar di 237 lokasi di mana jumlah tersebut melonjak dibandingkan pada 2022 yang berjumlah 267 unit di 197 lokasi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan jumlah SPKLU di Tanah Air sebanyak 1.030 unit pada 2023.

Baca juga: PLN bangun SPKLU pertama di Kota Jayapura
Baca juga: PLN berencana bangun SPKLU di Papua pada akhir 2021

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023