Jakarta (ANTARA News) - Latihan perdana timnas di Lapangan C PSSI Senayan Jakarta, Senin, hanya diikuti tiga pemain meskipun Badan Tim Nasional sudah memanggil 58 pemain, baik dari tim peserta kompetisi IPL maupun ISL.

Hanya Anggi dari Persires Bali Devata, Husin Rahaningmas dari Persemaltra Tual, dan Mario Aibekop dari PON Papua yang mengikuti pelatihan pertama dari pelatih anyar asal Argentinal, Luis Manuel Blanco.

Bersama dua asistennya, Marcos Connena dan De Gregorio, Blanco langsung menggembleng tiga pemain itu dengan latihan fisik. Semua pemain yang ada, diuji dengan lari mengelilingi lapangan.

"Pemain ini tidak turun di kompetisi, makanya kami memberikan materi latihan yang cukup agar fisiknya sama dengan pemain yang saat ini turun di kompetisi," kata Luis Manuel Blanco.

Mantan pelatih Timnas U-20 China itu mengatakan, meski belum semua pemain berkumpul, pihaknya telah menyiapkan program untuk pemain yang akan diturunkan pada Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C melawan Arab Saudi, di Gelora Bung Karno Jakarta, 23 Maret 2013.

Selain menyiapkan program latihan, Luis Manuel Blanco mengaku telah melihat rekaman pertandingan calon lawan timnas. Selain itu, juga terus memantau karakter pemain yang saat ini dipanggil oleh BTN untuk masuk pelatnas.

"Dari pemain yang dipanggil saya baru mengetahui karakter sekitar 32 pemain saja. Makanya kami akan terus memantau agar persiapan pembentukan tim bisa maksimal. Kuncinya pemain harus mengeluarkan kemampuannya 100 persen," katanya.

Sebanyak 58 pemain yang dipanggil itu merupakan pemain-pemain inti pada klub yang diperkuatnya, bahkan saat ini masih menjalani kompetisi. Kondisi itu jelas akan memengaruhi proses pelatnas.

Namun pengganti Nil Maizar itu mengaku akan melakukan koordinasi dengan klub.

Wakil Ketua BTN Harbiansyah Hanafiah mengaku surat pemanggilan kepada semua pemain telah dikirim. Pihaknya berharap semua pemain yang dipanggil bisa berkumpul dan menjalani latihan, Kamis (7/3).

"Insya Allah pemain ISL akan datang. Saya sudah hubungi pemilik klub ISL yang pemainnya dipanggil masuk timnas," katanya di Kantor PSSI Senayan Jakarta.

Pemain yang dipanggil masuk pelatnas timnas:

Kiper: Kurnia Meiga (Arema), Syamsidar (Mitra Kukar), Made Wirawan (Persib), Jandia Eka Putra (Semen Padang), Endra Prasetya (Persebaya IPL), Deny Marcell (PSM)

Belakang: Hamka Hamzah (Mitra Kukar), Ricardo Salampesy (Persipura), Victor Igbonefo (Arema), M. Robby (Persisam), Zulkifli Syukur (Mitra Kukar), Ruben Sangadi (Persipura), Supardi (Persib), Toni Sucipto (Persib), Hasyim Kipuw (Arema), Abdurahman (Sriwijaya FC), Novan Setya (Semen Padang), Syaifullah (Semen Padang), Arif Tuansyah (Semen Padang), Suyatno (Pro Duta), Nopendi (Persiba), Faturrahman (Barito Putera), Bayu Gatra (Persisam), Syahrizal (Persija ISL), Diego Michiels, Raphael Maitimo.

Tengah: Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Immanuel Wanggai (Persipura), Egi Melgiansyah (Arema), Ferdinand Sinaga (Persisam), Ian Louis Kabes (Persipura), Zulham Zamrun (Mitra Kukar), M. Ridwan (Persib), Firman Utina (Persib), Boas Solossa (Persipura), Eka Ramdani (PBR), Ponaryo Astaman (Sriwijaya FC), Arif Suyono (Mitra Kukar).

Selain itu, Nur Iskandar (Semen Padang), Andik Vermansyah (Persebaya IPL), Taufiq (Persebaya IPL), Faisal Amri (Pro Duta), Dedi Hartono (Barito Putera), Stefano Lilipaly (Almeria City), Toni Cussel, Okto Maniani (Persipar), dan Anggi (Persires Bali Devata).

Depan: Greg Nwokolo (Arema), Patrich Wanggai (Persipura), Ferinando Pahabol (Persipura), Tantan (Sriwijaya), Sergio van Dijk (Persib), Titus Bonai (Semen Padang, Jajang Mulyana (Mitra Kukar), Irfan Bachdim (Chonburi), Mario Aibekop (PON Papua), Husin Rahaningmas (Persemalra), dan Musafri (Perseman).

(B016)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013