Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero), bersama anak dan afiliasi perusahaan, menyalurkan 368 hewan kurban dengan rincian 39 ekor sapi dan 329 ekor kambing di sekitar wilayah operasi perusahaan saat Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Hewan kurban PGN Group disalurkan kepada pekerja penunjang, masyarakat sekitar area operasi, serta Komunitas Bajaj Gas (Kobagas). Penyerahan hewan kurban merupakan agenda rutin dalam memuliakan Hari Raya Idul Adha," kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar pada acara penyerahan hewan kurban secara simbolik di Kantor PGN Pusat, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

Dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, Achmad berharap penyaluran hewan kurban dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan keberkahan bagi perusahaan.

Sebanyak 19 ekor sapi dan 12 ekor kambing di antaranya dipotong untuk disalurkan kepada pekerja penunjang PGN Group, tenaga keamanan, pengemudi, office boy, cleaning service, resepsionis, sekretaris, CSO, dan admin.

Sedangkan untuk masyarakat dan stakeholder di sekitar area operasi, PGN menyerahkan 20 ekor sapi dan 217 ekor kambing.

Daging kurban diserahkan kepada masyarakat di area Jakarta, Cilegon, Tangerang, Bekasi, Karawang, Bogor, Cirebon, Bandung, Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, Yogyakarta, Probolinggo, Gresik, Mojokerto, Lumajang, Semarang, Demak, Kendal, Blora, dan Jombang.

PGN juga menyalurkan untuk masyarakat luar Jawa seperti di area Dumai, Medan, Batam, Pekanbaru, Sorong, Tarakan, Samarinda, Palangka Raya, Banggai, dan Wajo.

"Kami mengucapkan Selamat Idul Adha 1444 H dan menjalankan ibadah kurban bagi umat Muslim yang merayakan. Mudah-mudahan berkah kita berkurban ini, selain memupuk hubungan dengan Sang Pencipta, juga dapat meningkatkan rasa peduli, rasa persaudaraan dan berbagai dengan sesama. Ditambah lagi, dapat menjadi wujud rasa syukur, karena kita telah melalui pandemi COVID-19," ujar Achmad.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan penyembelihan, pemotongan, serta penyaluran hewan kurban di PGN Group.

Achmad juga mengajak seluruh pekerja PGN Group untuk meneladani nilai-nilai berkurban agar dapat menjadi insan yang menjalankan panggilan ibadah dengan sepenuh hati dan menyebarkan kebaikan kepada sesama.

"PGN terus menjaga keharmonisan sosial dengan masyarakat. Tidak hanya fokus dengan kinerja, namun juga kegiatan-kegiatan sosial kami laksanakan untuk menopang perusahaan dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar secara keberlanjutan," ujarnya.

Menurut dia, dukungan dari masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasi PGN menjadi bagian penting bagi kemajuan perseroan.

Untuk itu, PGN sebagai bagian dari BUMN turut berinvestasi melalui program corporate social responsibilty (CSR) agar kehadiran PGN mampu memberikan manfaat sosial maupun ekonomi bagi masyarakat.

Baca juga: PGN Subholding Gas Pertamina pastikan keamanan penyaluran gas bumi
Baca juga: PGN Subholding Gas Pertamina pasok gas 10,5 BBTUD ke Lotte Chemical
Baca juga: PGN sebut infrastruktur gas bumi di IKN dibangun dalam lima tahapan

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023