Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan nasional, Kamis (29/6) kemarin mulai dari pemerintah akan mengevaluasi keberadaan Pondok Pesantren Al-Zaytun hingga Polri mendistribusikan hewan kurban dan daging rendang.

Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Mahfud MD pastikan pemerintah evaluasi Ponpes Al-Zaytun

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan Pemerintah akan mengevaluasi keberadaan Pondok Pesantren Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat, terkait dugaan menyebarkan ajaran Islam yang dinilai menyimpang.

"Pondok pesantrennya kami akan evaluasi secara administratif, tindakan administratif itu apa? Melihat penyelenggaraannya, melihat kurikulumnya, melihat konten pengajarannya; sehingga hak untuk belajar bagi para santri dan murid-muridnya terus berjalan," kata Mahfud MD di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.


Selengkapnya di sini

 

2. Banding etik Chuck Putranto lemahkan semangat disiplin etika Polri

Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto mengatakan putusan Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Banding Kompol Chuck Putranto melemahkan semangat disiplin dan etika personel Polri.

"Terkait putusan KKEP banding Chuck Putranto, sebenarnya sudah bisa diprediksi saat sidang KKEP Bharada Richard Eliezer yang sudah terbukti melakukan penembakan pada Brigadir Yoshua juga memutuskan sanksi demosi," kata Bambang kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.


Selengkapnya di sini

 

3. Polisi tetapkan dua tersangka penimbun BBM subsidi di Jember

Aparat kepolisian sudah menetapkan dua tersangka yakni HF warga Kabupaten Jember dan AS warga Kabupaten Nganjuk sebagai tersangka yang melakukan penimbunan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka, sehingga keduanya ditahan. HF ditahan di Mapolsek Ambulu, sedangkan AN ditahan di Mapolres Jember, karena Polsek Ambulu tidak punya sel tahanan wanita," kata Kapolsek Ambulu AKP Suhartanto saat dihubungi per telepon di Jember, Kamis malam.


Selengkapnya di sini

 

4. KPK gelar shalat Idul Adha dan buka jam besuk untuk tahanan

Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar shalat Idul Adha pada Kamis pagi dan membuka layanan kunjungan khusus bagi keluarga para tahanan lembaga antirasuah itu.

"Shalat Idul Adha digelar di Rutan Pomdam Jaya Guntur, Jakarta, pada Kamis," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis.


Selengkapnya di sini

 

5. Polri distribusikan 9.300 hewan kurban dan 10 ton rendang

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo melepas pendistribusian hewan kurban dan rendang dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah sekaligus HUT ke-77 Bhayangkara di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Kamis.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan Polri mendistribusikan 9.300 ekor hewan kurban ke seluruh Indonesia.


Selengkapnya di sini

 

 

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023