Rapat Exco menyetujui keberadaan BTN karena sesuai dengan statuta dan peraturan organisasi (PO) dan belum pernah dicabut dan hanya perlu direvisi saja,"
Jakarta (ANTARA News) - Pelatih asal Argentina Luis Manuel Blanco resmi menggantikan posisi Nil Maizar sebagai pelatih Timnas setelah ditetapkan pada rapat Komite Eksekutif (Exco) di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Rabu.

Sebelum menetapkan mantan pelatih Timnas U-20 China ini sebagai pelatih timnas, enam anggota Exco PSSI yaitu Djohar Arifin Husin, Mawardi Nurdin, La Nyalla Mattalitti, Roberto Rouw, Erwin Dwi Budiawan dan Tony Aprilani menyetujui keberadaan Badan Tim Nasional (BTN).

"Rapat Exco menyetujui keberadaan BTN karena sesuai dengan statuta dan peraturan organisasi (PO) dan belum pernah dicabut dan hanya perlu direvisi saja," kata Sekjen PSSI Hadiyandra usai rapat Exco.

Hadiyandra sendiri diangkat sebagai Sekjen PSSI dalam rapat EXCO tersebut meski lima anggota lainnya yaitu Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuty Dau, Widodo Santoso dan Farid Rahman tidak hadir. Dengan demikian Halim Mahfudz resmi dilengserkan.

Pria yang sebelumnya menjadi Deputi Sekjen PSSI Bidang Organisasi itu mengaku dalam rapat tersebut juga ditetapkan Isran Noor sebagai ketua dan Harbiansyah Hanafiah sebagai Wakil Ketua BTN.

"Untuk struktur kepengurusan BTN lainnya diserahkan ke ketua. Tetapi untuk surat keputusan bagi mereka akan dikeluarkan hari ini," kata Hadiyandra menambahkan.

Dengan dibentuknya BTN ini maka timnas dipastikan akan diperkuat oleh pemain-pemain terbaik yang ada saat ini baik dari kompetisi Indonesia Super League (ISL) maupun Indonesia Premier League (IPL).

"Untuk masalah tranning center timnas semuanya kami serahkan ke BTN," kata Hadiyandra menegaskan.

Berdasarkan data dari PSSI, BTN berencana memanggil 37 pemain untuk menjalani persiapan menghadapi Saudi Arabia pada pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 23 Maret mendatang.

Dengan demikian Luis Manuel Blanco dan jajaran pelatih yang semuanya berasal dari Argentina akan langsung memimpin latihan. Hanya saja sebelum pelatnas akan dilakukan tes kesehatan bagi semua pemain yang dipanggil. 

(B016/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013