Honda tentunya bangga bisa bekerjasama dengan UI sebagai pusat pendidikan dan penelitian unggulan di Indonesia.
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan PT Honda Prospect Motor (HPM) sepakat bekerjasama mendukung ekosistem yang ramah lingkungan.

Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Prof Dr Dedi Priadi DEA dalam sambutannya di Balai Sidang UI Depok, Jawa Barat, Senin, mengatakan kerja sama ini sejalan dengan UI yang mempunyai program sebagai kampus hijau.

Selain itu, dengan kerja sama ini juga para dosen dan mahasiswa dapat mengikuti perkembangan dunia otomotif yang terbaru.

Dia menyatakan pula, UI juga sudah mempunyai mobil dan motor listrik yang merupakan program UI untuk mengurangi emisi gas Co2. Sehingga ke depannya diharapkan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak bisa dikurangi.

Dalam kerja sama ini, Honda meminjamkan mobil listrik dua unit Honda Brio E dan juga ada motor listrik PCX untuk riset dan edukasi. Selain itu, power bank portable LiB-AID E500 yang dipinjamkan selama tiga bulan.

Honda juga membuat stasiun pengisian kendaraan listrik yang bertempat di area Gedung Rektor UI, untuk mendukung ekosistem kendaraan ramah lingkungan.

Presiden Direktur PT HPM Kotaro Shimizu mengatakan sebagai salah satu produsen mobil di dunia, Honda telah lama berkomitmen dengan menghadirkan solusi lingkungan yang inovatif dan ramah lingkungan seperti teknologi hybrid, teknologi listrik bahkan teknologi hidrogen.

"Honda tentunya bangga bisa bekerjasama dengan UI sebagai pusat pendidikan dan penelitian unggulan di Indonesia," kata Kotaro Shimizu dalam sambutannya.

Menurut dia, kolaborasi ini memberi peluang sebagai jembatan antara industri dan akademisi, menggabungkan pengetahuan dan sumber daya guna mewujudkan visi untuk elektrifikasi di Indonesia.

"Kami bersama-sama akan melakukan penelitian dan edukasi yang bertujuan untuk mempromosikan pengetahuan yang tepat tentang manfaat dan dampak positif dari kendaraan listrik," katanya lagi.
Baca juga: Sebanyak 662 guru SMK belajar motor listrik bareng AHM
Baca juga: Honda kembangkan sepeda motor listrik bersaing di segmen 500-750 cc

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023