Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull KTM Brad Binder menyayangkan keputusan penalti yang diberikan untuknya pada balapan utama MotoGP Belanda di Sirkuit TT Assen, Minggu (25/6) yang membuatnya kehilangan podium.

"Sejujurnya, saya bisa menghadapi situasi ini, tapi saya merasa sangat sedih untuk seluruh tim saya. Mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa sepanjang akhir pekan dan mereka memberi saya sepeda sehingga saya bisa lolos dengan sangat baik," kata Binder, dikutip dari laman resmi KTM, Senin.

Pebalap asal Afrika Selatan itu menambahkan, ia sudah tampil kompetitif dan memastikan posisinya di daftar tiga besar balapan utama, setelah penampilan baiknya di sesi sprint, serta di babak kualifikasi di hari sebelumnya dimana ia mengamankan P5.

"Saya tidak tahu apa yang saya lakukan, saya bahkan tidak menyadari bahwa saya telah menyentuh area (melanggar peraturan) lagi. Saya minta maaf untuk tim dan saya akan melihat sisi positif dari menjadi kuat sepanjang akhir pekan," imbuhnya.

Baca juga: Binder puas pecahkan rekor kecepatan tertinggi di MotoGP

Sementara itu, rekan satu timnya yaitu Jack Miller, tidak dapat menyelesaikan balapan setelah tersingkir di lap awal karena terjatuh.

"Kami akan mengambil sisi positif (dari balapan kali ini0. Motornya memiliki performa yang bagus di sini, dan kami telah memperbaiki getaran yang kami alami kemarin hanya dengan beberapa perubahan kecil... Saya pikir ini adalah musim yang bagus sejauh ini, dan saya menantikan balapan berikutnya," ujar Miller.

Sementara itu, Binder kini berada di urutan keempat dalam klasemen kejuaraan untuk pebalap, sedangkan Miller berada di peringkat ketujuh. Selain itu, KTM berada di nomor dua pada klasemen konstruktor.

Setelah ini, MotoGP 2023 akan rehat sejenak di sepanjang bulan Juli, sebelum akhirnya berlanjut lagi di Silverstone, Inggris, pada Agustus.

"Bagian pertama musim ini telah selesai dan keseimbangannya positif dengan para pebalap, motor, dan tim. Semuanya terkendali dan sekarang kami menantikan Silverstone dengan percaya diri," kata Manajer Tim KTM Red Bull Francesco Guidotti.

Baca juga: Red Bull KTM targetkan gelar tertinggi di musim 2023
Baca juga: Brad Binder tampil heroik demi menangkan Sprint MotoGP Argentina

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023