Saya menghimbau dan menyerukan masyarakat luas untuk berperan aktif mengawal proses fit and proper test"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR Indra mengungkapkan saat ini ada lima orang yang telah mendaftarkan diri untuk memperebutkan kursi hakim konstitusi yang akan ditinggalkan Mahfud MD.

"Mereka adalah DR Lodewijk Gultom SH MH, DR Patrialis Akbar SH MH, Prof DR Arief Hidayat SH MS, DR Sugianto SH MH, dan DR Djafar Albram SH MH SE MM Bsc," kata Indra, di Jakarta, Rabu.

Anggota DPR dari Fraksi PKS mengungkapkan bahwa Komisi III DPR RI mulai Rabu akan memulai proses seleksi calon hakim konstitusi pengganti Mahfud MD yang akan berakhir masa jabatanya per 1 April 2013.

Indra mengatakan proses penggalian kualitas calon akan dilakukan melalui pembuatan makalah serta uji kelayakan dan kepatutan ("fit and proper test") langsung.

"Agenda hari ini adalah pembuatan makalah dari masing-masing cakim konstitusi dan Insya Allah direncanakan pekan depan atau pekan pertama di Maret 2013 akan dilanjutkan dengan `fit and proper test` dan pemilihan," ungkapnya.

Indra juga mengatakan bahwa sesuai dengan pengumuman yang sudah disebarluaskan oleh Komisi III DPR melalui media masa, maka sampai batas waktu yg ditentukan maka telah diperoleh lima tokoh yang mengikuti seleksi calon hakim konstitusi.

"Dalam proses seleksi cakim konstitusi ini saya menghimbau dan menyerukan publik/masyarakat luas untuk berperan aktif mengawal proses `fit and proper test` dan memberikan masukan terkait denga rekam jejak para cakim konstitusi tersebut," harapnya.

Indra mengatakan masukan-masukan tersebut akan sangat berarti buat pihaknya, terutama fraksi PKS dan anggota Komisi III untuk memutuskan/memilih cakim konstitusi yang akan di "fit and proper test" tersebut.

(J008)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013