Jakarta (ANTARA) - Pasangan Jagonya Ayam Motorsport Ricardo Gelael/Hugo Magalhaes Ismael terkena masalah dan membuat mereka kesulitan meraih hasil bagus di KFC Danau Toba Rally 2023.

Baru saja melewati dua special stage (SS), Ricardo dan Hugo mendapat masalah dan menariknya setelah masalah mobil itu teratasi anak Ricardo Galael yaitu Sean Galael yang tidak terdaftar sebagai peserta malah menguji Citroen C3 R5 itu sembari seolah mengikuti lomba.

Keganjilan pada Leg I KFC Danau Toba Rally 2023 dirasakan oleh Ricardo di SS2 Huta Tonga, Sabtu, dimana mobil yang ditunggangi berkali-kali mati dan bannya sempat pecah setelah melewati garis finis.

Setelah diselidiki, penyebab mobil yang kerap mati itu adalah aliran listrik yang terganggu.

“Kami menduga karena ada pemakaian yang kurang pas pada radio komunikasi sehingga aliran listrik mobil terganggu," ujar Hugo, dilansir dari keterangan resmi yang didapat di Jakarta, Sabtu.

Setelah masalah tersebut teratasi, uniknya yang menjajal mobil itu adalah Sean Gelael pada SS3 hingga 6 dan pria 26 tahun itu terbukti menjadi yang tercepat di SS5 dan 6.

“Mobil sudah oke kok. Besok ayah bisa membalap lagi memakai mobil ini," kata Sean.

Baca juga: Sean Gelael dukung ayah tampil maksimal di Reli Danau Toba 2023

Adapun, selain Ricardo, beberapa pebalap favorit juga mengalami dengan masalah seperti Rihans Variza dan Ryan Nirwan yang terperosok di klasemen.

“Saya mengalami kerusakan as, lengan suspensi juga patah," ujar Rihans.

Tiga SS tersisa pada hari Minggu di area Aek Nauli, Parapat, Sumatera Utara itu memang sudah tidak berpengaruh apa pun bagi Ricardo karena saat ini tertinggal jauh dengan jarak hampir 30 menit.

“Kita berkomitmen untuk menghormati balapan dan tetap meramaikan reli ini," kata Ricardo.

Pada kesempatan yang sama, pebalap tuan rumah Musa "Ijeck" Rajekshah sementara memimpin perlomba. Pengemudi Skoda Fabia R5 bersama co-driver Ian Soedjono itu memiliki catatan waktu selama 6 SS yaitu 1 jam 24 menit 25,9 detik.

Pada posisi kedua, pebalap 18 tahun yang mengendarai Subaru WRX STi Bintang Barlean terpaut 2:33,5 dari Ijeck.

Lalu di posisi ketiga ada H Rahmat yang menggeber Hyundai i20 R5, dengan selisih waktu 3:20,6.

Berikut jadwal KFC Danau Toba Rally 2023:

LEG II, Minggu, 25 Juni

SS7: Negeri Dolok Reverse - 08.30 WIB

SS8: Huta Tonga Reverse - 09.24 WIB

SS9: Aek Nauli Gorbus Reverse - 11.37 WIB.

Baca juga: Ricardo Gelael perbaiki waktu saat shakedown di Reli Danau Toba 2023

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023