Jakarta (ANTARA) — PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) terus mengebut pembangunan 25 proyek strategis nasional yang mencakup segmen jalan tol, bendungan, dan industrial plant yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air.

Sekretaris Perusahaan WIKA Mahendra Vijaya menyampaikan bahwa proyek strategis nasional yang dipercayakan kepada WIKA mencatatkan progress pembangunan yang baik dan beberapa diantaranya ditargetkan selesai pada tahun ini. 

Salah satu yang ditargetkan rampung dalam waktu dekat yaitu proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi IV sepanjang 5,65 KM yang kini progressnya telah mencapai 98%. 

“Ruas tol Cisumdawu diharapkan dapat menjadi jalur strategis yang dapat memangkas waktu tempuh,” ujarnya.

WIKA juga mengerjakan PSN Bendungan Ameroro Paket I yang saat ini telah mencatatkan progress mencapai 71,45% dengan impounding yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2023. 

Bendungan ini dibangun oleh Kementerian PUPR untuk menambah jumlah tampungan air di Sulawesi Tenggara dan akan menyediakan irigasi, air baku juga Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian dan peternakan masyarakat Konawe.

Mahendra menambahkan, PSN lainnya pada sektor bendungan yang sedang dikerjakan oleh WIKA adalah Proyek Bendungan Pamukkulu sebagai bendungan multifungsi yang terletak di bagian hulu Sungai Pappa di Desa Kale Ko’mara, Sulawesi Selatan. 

“WIKA dipercaya untuk mengerjakan paket I mencakup pengerjaan bendungan utama dengan progres pengerjaannya yang telah mencapai 68% dengan target rampung pada 2024 mendatang,” tambahnya.

Selain itu, WIKA juga tengah mengerjakan PSN EPC Storage Tank & Piping RDMP Refinery Unit (RU) V Balikpapan dengan lingkup konstruksi mechanical serta fase_comissiong_ dan hydrotest pada tangki-tangki yang berada di kawasan RDMP milik PT Pertamina (Persero). WIKA menargetkan untuk menyelesaikan pengerjaan pada sejumlah tangki pada April 2024.
 
Mahendra menambahkan bahwa salah satu fokus WIKA ke depan adalah menyelesaikan pembangunan proyek yang dipercayakan oleh Perseroan termasuk PSN. Ini menjadi bukti komitmen WIKA dengan keyakinan bahwa dengan selesainya proyek-proyek tersebut akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023