Strategi bisnis perseroan tetap mempertimbangkan kemampuan finansial dan program restrukturisasi utang....
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Intraco Penta Tbk (INTA) Petrus Halim mengatakan keberhasilan restrukturisasi utang dalam rangka penyelesaian pinjaman atau fasilitas kredit perseroan dan anak usaha berhasil meningkatkan kinerja perseroan selama tahun 2022.

“Keberhasilan restrukturisasi utang dalam rangka penyelesaian pinjaman atau fasilitas kredit perseroan dan anak usaha, memberikan dampak turunnya hutang jangka pendek secara signifikan, sehingga kegiatan operasional dapat berjalan dengan lebih baik dan meningkatkan kinerja INTA,” ujar Petrus dalam keterangan resmi, di Jakarta, Jumat.

Petrus mengatakan banyak kemajuan yang telah dicapai secara operasional dan finansial selama tahun 2022, meskipun perseroan masih membukukan rugi bersih tahun berjalan sebesar Rp98,92 miliar, atau membaik 79 persen (yoy) dibandingkan tahun 2021 yang mencatatkan rugi bersih Rp466,99 miliar.

“Strategi bisnis perseroan tetap mempertimbangkan kemampuan finansial dan program restrukturisasi utang yang diberikan oleh kreditur perseroan," ujar Petrus.

Selama tahun 2022, INTA membukukan pendapatan yang meningkat 8 persen year on year (yoy) menjadi Rp661 miliar, dari sebelumnya sebesar Rp611 miliar pada tahun 2021.

Ke depan, pihaknya memperkirakan industri alat berat akan terus berkembang, dikarenakan perkembangan industri pertambangan, perkebunan dan infrastruktur di Indonesia yang masih terus bertumbuh.

“Perseroan terus menerapkan strategi utama secara konsisten dan berkesinambungan, seperti memaksimalkan usaha perdagangan alat berat dan mendorong penjualan suku cadang dengan jaringan distribusi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia," ujar Petrus.

Ia menyebut Intraco Penta memiliki principal yang siap mendukung melalui anak usahanya, yaitu LiuGong melalui PT LiuGong Machinery Indonesia (LMI) yang ditandai dengan penandatanganan Dealership Agreement pada Juli 2022 lalu.

Perseroan mendapatkan penghargaan dari LiuGong melalui LMI pada acara LiuGong Global Dealer Conference untuk kategori Excellence in Service pada bulan November 2022.

Selain itu, sebagai bentuk dukungan terhadap perseroan melalui entitas anaknya, yakni PT Intraco Penta Wahana (IPW), Techking sebagai salah satu principal telah memberikan dukungan penuh pada Mining Expo yang telah diselenggarakan pada Oktober 2022 lalu.

Pada akhir 2022, perseroan memperkuat hubungan dengan salah satu principal, yaitu Sinotruk, melalui entitas anak usaha yaitu IPW dengan menandatangani Distribution Agreement pada bulan Desember 2022.
Baca juga: Intraco Penta targetkan penjualan capai Rp1,2 triliun di 2023
Baca juga: INTA luncurkan ERP Program baru untuk tingkatkan produktivitas bisnis

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023