Kami mendukung keputusan tersebut, karena sudah tepat untuk memasuki masa endemi COVID-19
Medan (ANTARA) - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Utara dr Ramlan Sitompul menyatakan pihaknya mendukung pemerintah dalam pencabutan status pandemi COVID-19 oleh Presiden Joko Widodo.

"Kami mendukung keputusan tersebut, karena sudah tepat untuk memasuki masa endemi COVID-19," ujar Ramlan di Medan, Jumat.

Ia menilai, keputusan pemerintah tersebut pasti mempertimbangkan cukup matang, dan melibatkan para ahli kesehatan Indonesia. Ditambah Organisasi Kesehatan Dunia ( World Health Organization/WHO) telah mencabut status darurat COVID-19.

"Selain itu, kami menilai pandemi COVID-19 di wilayah Sumut semakin melandai," ujar Ramlan.

Namun, ia mengatakan masyarakat tidak terlalu larut dalam euforia pencabutan status pandemi COVID-19 dengan selalu waspada terhadap ancaman penyakit tersebut yang bisa datang sewaktu-waktu.

"Masyarakat perlu waspada juga karena bisa terjadi varian baru yang terjadi," tutur Ramlan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi resmi mencabut status pandemi COVID-19 dan Indonesia mulai memasuki masa endemi COVID-19 pada Rabu (21/6).

Keputusan itu, kata Presiden Jokowi, diambil pemerintah dengan mempertimbangkan angka kasus konfirmasi harian COVID-19 yang mendekati nihil.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa hasil sero survei menunjukkan 99 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19.

"Tentunya dengan keputusan ini perekonomian nasional bergerak semakin baik dan meningkatkan status kehidupan ekonomi sosial masyarakat," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Rektor UIN: Pencabutan pandemi COVID semangat tingkatkan pendidikan
Baca juga: Selamat tinggal pandemi COVID-19
Baca juga: Kepala BNN sebut setelah COVID-19 peredaran narkotika mulai meningkat

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023