Electrum akan terus berkolaborasi secara strategis untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi
Cikarang (ANTARA) - Electrum, perusahaan patungan (joint venture) PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (kode saham: GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk (kode saham: TOBA), mengumumkan rencana kerja sama dengan Pertamina.

Rencana kerja sama tersebut dilakukan melalui anak usaha Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Patra Niaga untuk pengemasan baterai kendaraan listrik roda dua sekaligus mendukung produksi sel baterai dari Indonesia Battery Corporation.

"Electrum akan terus berkolaborasi secara strategis untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan mengembangkan jaringan layanan purna jual baik secara mandiri maupun bermitra untuk meningkatkan akses kendaraan listrik roda dua untuk konsumen,” kata Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir dalam Groundbreaking Pabrik Electrum di Cikarang, Jawa Barat, Jumat.

Di samping itu, Elecrum juga menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama dengan Greenland International Industrial Center (GIIC) terkait pembelian dan penggunaan motor listrik Electrum secara bertahap sebagai kendaraan operasional di wilayah GIIC.

Adapun Pabrik Electrum berlokasi di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang akan dibangun di lahan seluas tiga hektar dengan kapasitas produksi sampai 250 ribu unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, dan trek pengujian. Pabrik Electrum ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2024 dan memulai produksi pada tahun yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Electrum juga menandatangani nota kesepahaman kerja sama dengan Planet Ban untuk penempatan Battery Swap Station (BSS) dan layanan purna jual motor listrik Planet Ban di ratusan outlet Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta.

Baca juga: Analis : Pembangunan pabrik Electrum beri sentimen positif saham GoTo
Baca juga: Electrum gandeng The Prediksi edukasi warga beralih ke motor listrik

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023