Jakarta  (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzukie Alie melantik Winantuningtyastiti sebagai sekretaris jenderal (Sekjen DPR RI) yang baru setelah menyandang predikat Plt (pelaksana tugas Sekjen) DPR RI, menggantikan Nining Indra Saleh.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Winantuningtyastiti sebagai Sekjen DPR RI dan Achmad Djuned sebagai Wakil Sekjen dilakukan oleh Ketua DPR RI Marzuki Alie dengan didampingi Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, Pramono Anung, dan Shohibul Iman di Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan tersebut, Marzuki Alie mengungkapkan pelantikan seyogyanya dilakukan esok hari, Selasa (26/2), namun karena hari ini (Senin) akan diadakan rapat konsultasi pimpinan DPR RI dengan Presiden, maka acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekjen dan Wasekjen dimajukan satu hari sebelumnya.

Dalam sambutannya, Marzuki juga berharap agar Sekjen dan Wasekjen dapat duduk bersama menjalankan tugas pokok dan fungsi Kesetjenan. Meski wewenang penuh ada pada Sekjen, namun pembagian tugas yang jelas akan sangat membantu dalam menjalankan tupoksi kesetjenan.

Di akhir sambutannya politisi partai Demokrat ini berpesan agar Sekjen dan Wasekjen berlaku jujur. "Sekarang ini sulit sekali mendapatkan orang yang jujur dan amanah, untuk itu saya berpesan agar Sekjen dan Wasekjen berlaku jujur, agar semuanya berakhir dengan khusnul khotimah," kata Marzuki.

Sementara itu, Winantuningtyastiti yang akrab dengan sapaan Win mengatakan, Pelantikan dirinya sebagai sebuah kepercayaan dari lembaga terhormat ini. Dia bersyukur pelantikan dirinya berjalan lancar. Ke depan ia berharap bantuan dan kerjasama dari semua jajaran Setjen DPR agar bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi sebaik-baiknya.

"Alhamdulillah, saya bersyukur karena saya sudah tidak dipanggil Plt lagi, karena satu bulan saya dipanggil Ibu Plt. Sekarang saya sudah betul-betul menjadi Sekjen. Seperti arahan Pak Ketua tadi agar dukungan terhadap anggota dewan terus ditingkatkan lagi. Untuk program-program yang sudah berjalan dengan baik dilanjutkan, dan kalau ada yang harus dibenahiya akan kita benahi. Salah satunya reformasi birokrasi. Mohon doanya ya," papar Win.

Di jajaran Sekretariat Jenderal Winantuningtyastiti dan Achmad Djuned memang bukan orang baru. Sebelumnya Win menjabat sebagai Deputi Bidang Anggaran dan Pengawasan. Sementara Djuned menjabat sebagai Deputi Bidang Persidangan dan Kerja Sama Antar Parlemen. Hingga akhirnya Senin (25/2) keduanya resmi menjadi orang nomor satu di Kesetjenan DPR RI.

Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2013